Angkatan Laut RI dan Australia Tingkatkan Kerjasama

50

JAKARTA, NMN – Dalam rangka memperkuat hubungan bilateral antar kedua Angkatan Laut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menerima Kunjungan Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral Michael Joseph Noonan.

Kunjungan Kasal Australia tersebut Pertemuan tersebut berlangsung di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur pada Senin (10/01).

Pada pertemuan antar Kasal dua negara tersebut, dibahas mengenai rencana kerja sama strategis khususnya di bidang Matra Laut. Sedangkan kerja sama yang sudah terjalin selama ini akan terus ditingkatkan.

“Terima kasih atas support dan kerja sama yang telah dilakukan selama ini, semoga kedepan akan semakin baik,” ujar Vice Admiral Michael Joseph Noonan.

Kedua Pimpinan Angkatan Laut ini juga membahas mengenai kerja sama yang akan dilakukan antara TNI Angkatan Laut dengan Royal Australian Navy meliputi latihan, pendidikan, kunjungan, serta kegiatan lainnya.

Diharapkan kedepan kerja sama tersebut tidak hanya berfokus pada Sumber Daya Manusia (SDM) pada tingkat Perwira saja, namun untuk seluruhnya mulai dari Bintara hingga Tamtama dapat tercapainya visi misi yang sama.

Dalam rangka memberikan penghargaan atas jasa-jasanya dalam lebih meningkatkan hubungan kerjasama yang lebih baik antar negara, khususnya untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Laut, pada kesempatan tersebut Kasal RI menyematkan Bintang Jalasena Utama kepada Australia Chief of Navy (Kasal Australia) Vice Admiral Michael Joseph Noonan.

Penyerahan penghargaan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10/TK/Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Jasa Kehormatan Bintang Jalasena Utama. Bintang Jalasena Utama merupakan medali penghargaan yang dianugerahkan hanya kepada individu dengan kemampuan dan pencapaian khusus dan berkat kontribusi, upaya dan dedikasi yang luar biasa, serta pencapaian melampaui panggilan tugas.

“Penganugerahan Bintang Jalasena Utama oleh TNI Angkatan Laut, sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan tertinggi atas jasa-jasa Laksdya Michael Joseph Noonan dalam mendorong kemajuan hubungan antara kedua Angkatan Laut, dan terlebih lagi hubungan kerjasama antara Indonesia dan Australia”, ujar Laksamana TNI Yudo Margono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here