Bersantai di Pantai Ombak Mati

2183

Mendengar kata ‘pantai’, pasti pikiran Anda langsung tertuju pada deburan ombak yang mengajak Anda untuk berenang atau berselancar di laut. Namun, ternyata ada juga pantai yang hampir tak memiliki ombak. Inilah Pantai Ombak Matipantai indah tak berombak dari Jepara, Jawa Tengah.

Selain menjadi pusat pembuatan mebel di Indonesia, Jepara juga memiliki daya tarik lain yaitu Pantai Ombak Mati. Sesuai namanya, pantai yang terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara ini hampir tidak memiliki ombak sehingga sangat cocok bagi Anda yang hanya ingin berenang atau berendam di laut tanpa harus khawatir terseret ombakPantai ini juga memiliki tempat penyewaan pelampung bagi Anda yang belum mahir berenang dan tempat bilas yang pastinya diperlukan ketika selesai berenang di pantai.

Lokasi pantai yang sepi dan belum banyak diketahui orang memungkinkan wisatawan menikmati panorama pantai tanpa terganggu kebisingan. Ketika matahari sudah tinggi, Anda dapat berteduh di bawah pohon ketapang yang menghiasi pantai sambil bersantap siang. Seperti pantai lainnya, Pantai Ombak Mati pun memiliki pemandangan matahari terbit dan terbenam nan indah. Jadi, pastikan Anda membawa kamera untuk mengabadikan momen tersebut.

Untuk menuju pantai yang berjarak 25 km dari pusat kota Jepara ini, ada tiga pilihan jalur yang dapat Anda tempuh. Jalur pertama, yaitu ke arah utara dari Jepara. Melewati tiga desa yaitu Desa Jambu, Sroboyong, dan Karanggondang serta tiga pantai yaitu Pantai Ujung Piring, Pailus, dan Mpu Rancak. Bagi Anda yang tinggal di daerah Pati, Anda dapat menggunakan jalur kedua, yakni melalui PLTU Tanjung Jati di Bandung Wedelan. Jalur ketiga yaitu, ke arah Desa Jerukwangi dari Bangsri melewati hutan belantara sejauh 7 kilometer.

Selain berbasah-basahan di pantai, Anda juga dapat membeli hasil laut segar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bondo yang terletak tidak jauh dari pantai. Agar dapat menemukan hasil laut terbaik, Anda harus tiba di lokasi pelelangan di pagi hari, karena tempat ini hanya buka pada pagi, sesuai dengan waktu kedatangan nelayan dari laut. Anda dapat membeli ikan segar dengan harga yang lebih terjangkau di sini.

Soal harga, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat memasuki Pantai Ombak Mati pada hari kerja secara cuma-cuma. Untuk akhir pekan atau hari libur nasional, anda hanya perlu membayar Rp5.000 untuk pengguna motor dan Rp15.000 untuk pengguna mobil. Cukup murah bukan? Ayo siapkan bekal makan siang anda dan kunjungi pesona unik khas Kota Ukir ini.

 

Sumber: diolah dari berbagai sumber

Penulis: M. Hafiz Furqon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here