Bibit Siklon Tropis Terpantau di Laut Andaman

68

JAKARTA, NMN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau adanya Bibit Siklon Tropis 91B terpantau di Laut Andaman dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan terendah 998.9 mb.

Sistem ini bergerak ke arah utara menjauhi wilayah Indonesia dan memiliki potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan atau pada Selasa (22/3) pada kategori tinggi.

Begitu juga dengan Sirkulasi Siklonik, BMKG mendapati hal itu terpantau di Laut Arafuru yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan selatan Pulau Buru hingga Laut Arafuru timur Kepulauan Aru, dan dari pesisir barat Papua hingga perairan selatan Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis/bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

Demikian disebutkan dalam keterangan tertulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang diterima, Selasa (22/3).

BMKG mendapati adanya siklon tropis dan bibit siklon tropis, serta sirkulasi siklonik di dalam wilayah Indonesia yang dapat mempengaruhi kondisi cuaca di wilayah Indonesia dalam dua hari kedepan, yakni Selasa (22/3) dan Rabu (23/3).

Menurut pengamatan BMKG, Siklon Tropis Charlotte terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Timur, dengan kecepatan angin maksimum 40 knot dan tekanan terendah 996 hPa. Sistem ini bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia dan diprakirakan intensitasnya akan menguat dalam 24 jam ke depan atau pada hari ini, Selasa 22 Maret 2022.

Adapun atas kondisi tersebut diatas, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, yaitu :

– Pada Selasa, 22 Maret 2022 di wilayah Aceh, Riau, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

– Pada Rabu, 23 Maret 2022 diprediksi terjadi di Aceh, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua

Sementara untuk prediksi cuaca hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dalam dua hari kedepan, yakni Selasa – Rabu, BMKG menyebutkan berpotensi terjadi di DKI Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here