BMKG Luncurkan BMKG-CSRIT

50

JAKARTA, NMN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meluncurkan Tim Respon Insiden Keamanan Komputer CSIRT guna memperkuat pelayanan data dan informasi, peringatan dini kepada masyarakat berkenaan dengan bencana hidrometeorologi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam Rapat Koordinasi Nasional BMKG Tahun 2022, Senin (6/6) menegaskan keamanan siber perlu dikelola dengan baik untuk menjamin perlindungan terhadap data dan informasi yang dikirimkan melalui jaringan dan infrastruktur pendukung jaringan lainnya.

BMKG, lanjut dia, mendapatkan skor 3.79 pada Pengukuran Tingkat Maturitas Penanganan Insiden Siber oleh tim Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Maka pada tahun ini BMKG dapat memenuhi syarat untuk membentuk BMKG-CSIRT

Dwikorita menerangkan bahwa tim BMKG-CSIRT adalah tim tanggap insiden yang bertanggungjawab untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan serta aktivitas insiden keamanan siber. Tim ini dibentuk dengan tujuan untuk melakukan penyelidikan komprehensif dan melindungi sistem, jaringan komunikasi, data serta informasi atas insiden keamanan siber yang terjadi pada organisasi.

Lewat BMKG-CSRIT, tambah dia, memungkinkan dilakukan mitigasi dan respon secara strategis terkait dengan keamanan siber. Selain itu, tim ini dapat membangun saluran komunikasi yang dapat dipercaya, sekaligus memberikan peringatan dini pada masyarakat termasuk kementerian/lembaga tentang dampak yang akan dan sudah terjadi.

“Dengan semakin banyaknya CSIRT yang terbentuk pada sektor pemerintah, diharapkan akan dapat membangun kemandirian dan kesiapan dalam menghadapi ancaman insiden siber di BMKG itu sendiri serta berkontribusi langsung dalam menjaga keamanan siber di Indonesia,” pungkasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meningkatkan kecepatan dan akurasi informasi iklim dan cuaca, dalam rangka meningkatkan keselamatan transportasi nasional.

Hal itu disampaikan Menhub saat menjadi pembicara kunci kegiatan Rapat Koordinasi Nasional BMKG Tahun 2022 bertema “SDM Unggul dan Layanan Prima untuk Mendukung Transformasi Ekonomi Indonesia yang Inklusif dan Berkelanjutan” secara virtual di Jakarta, Senin (6/6).

“Transportasi sangat dipengaruhi oleh iklim dan cuaca. Oleh karenanya, dukungan BMKG sangat penting dalam memberikan informasi peringatan dini cuaca. Bila informasi ini dapat diperoleh secara real time, cepat dan akurat, maka diharapkan meningkatkan keselamatan transportasi antar wilayah, antar pulau, maupun antar negara,” ujar Menhub.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here