Cantrang dan Serba-serbinya

2198

Ramai isu penolakan yang mengatasnamakan nelayan terhadap pelarangan alat tangkap cantrang. Pelarangan alat tangkap ikan (API) cantrang tersebut berkaitan dengan keputusan berdasarkan Surat Edaran Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti Nomor 72/MEN-KP/II/2016 tentang Pembatasan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Cantrang di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Indonesia (WPNRI).

Dibalik pro dan kontra yang terus bergulir, mari kita mengenal kembali apa itu sebenarnya cantrang.

Cantrang berbentuk kantong terbuat dari jaring dengan 2 (dua) panel dan tidak dilengkapi alat pembuka mulut jaring. Bentuk konstruksi cantrang tidak memiliki medan jaring atas, sayap pendek dan tali selambar panjang.

Dok KKP

Rata-rata ukuran mata jaring cantrang yang digunakan adalah 1,5 inchi. Cantrang dioperasikan dengan cara menarik jaring di dasar laut dengan menggunakan satu kapal. Pada saat penarikan kapal dapat ditambat atau tanpa ditambat.

Cantrang merupakan pengembangan dari API Danish Seine yang menggunakan satu kapal dan tali selambar berat agar menyentuh
dasar laut (seabed).

Pengoperasian cantrang berpotensi mengganggu dan merusak ekosistem dan tempat tumbuhnya biota laut semisal jasad renik yang menjadi makanan ikan. Kondisi ini menyebabkan produktivitas dasar perairan berkurang.

Cantrang dikenal sebagai alat tangkap populer di kalangan nelayan pantai utara Jawa (Pantura) sejak tahun 1960 dengan ukuran kapal sekitar 5 GT.

Pasca diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 1980 tentang Penghapusan Jaring Trawl dan, banyak nelayan eks trawl yang beralih menggunakan alat penangkap ikan cantrang.

Dok KKP

Alat tangkap Gillnet

Ada alat tangkap yang ramah lingkungan yaitu gillnet. Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim menyebutkan bahwa salah satu alat penangkapan ikan yang lebih ramah lingkungan yakni gillnet millennium

Gillnet millenium adalah jaring insang seperti pada umumnya, merupakan jaring yang berbentuk persegi panjang, terdiri dari tali ris atas, tali pelampung, badan jaring, tali ris bawah, dan tali pemberat.

Gillnet
Dok KKP

Kondisi fisik yang membedakannya adalah bahan jaring yaitu berupa benang nylon PA monofilament terdiri dari 6-10 serat yang tidak dipintal (pintalan sangat lunak) berwarna putih atau perak.

Warna keperakan ini oleh masyarakat nelayan diidentifikasi dengan millennium, dalam istilah asing disebut Untwisted polyamide.

Sehingga sangat jelas perbedaan Antara cantrang yang tak ramah lingkungan dengan gillnet. Saat ini KKP terus mensosialisasikan pada nelayan untuk terus beralih menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan dan tentu tetap produktif secara ekonomis

Penulis: Dwi Gema Kumara

Editor : MFM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here