Efektifkan Pengawasan, Koarmada I Bakal Pindah ke Kepri

213

JAKARTA, NMN – Markas Komando Armada I (Koarmada I) TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang saat ini berada di Jakarta direncanakan bakal dipindahkan ke Tanjung Uban, Kepulauan Riau.

Pemindahan Koarmada I ke Tanjung Uban dinilai lebih strategis dan memberikan efektifitas pengawasan wilayah perbatasan RI.

Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, di Jakarta, Rabu (2/3).

Yudo mengatakan pemindahan tersebut masih dalam rencana, ia pun telah melaporkan rencana itu ke Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Dia menyebut pemindahan itu akan memerlukan sarana prasarana yang tidak sedikit.

“Tapi ini masih wacana belum diputuskan, kemarin sudah izin ke Panglima TNI, terus kemudian saya tinjau kemarin, dan nantinya masih ada rapat-rapat karena memerlukan sarana-prasarana yang tentunya tidak sedikit, harus memindahkan sarana-prasarana untuk kebutuhan prajurit dan sebagainya,” ujar Yudo.

Dia menyebut pemindahan sarana prasarana itu akan memerlukan waktu. Meski demikian, rencana pemindahan Koarmada I tersebut telah memenuhi syarat dari sisi operasional.

Laksamana Yudo menambahkan, saat ini khususnya di Laut Cina Selatan, Selat Singapura dan Selat Malaka dan baratnya Sabang perbatasan dengan India ini memerlukan pengawasan yang khusus di wilayah barat. Kondisi sekarang, setiap kali menggeser kapal ke Natuna, selalu tidak efektif karena dinilai terlalu jauh.

“Selama ini kalau kita menggeser kapal ke sana sangat tidak efektif kalau dari Jakarta jauh sekali sampai ke Natuna, sehingga pangkalannya nanti kita geser ke Tanjung Uban (Kepri), di sana lebih dekat atau efektif untuk melaksanakan pergeseran unsur-unsur kita,” katanya.

Yudo mengungkapkan, di Jakarta sendiri nantinya akan dibackup oleh Koarmada RI. Dia menyebut Koarmada I ada di Kepulauan Riau dan Koarmada II tetap berada di Surabaya. Setiap operasi yang dilakukan akan dilakukan backup dari Koarmada RI.

“Operasi kita ke Natuna maupun ke Selat Malaka atau Selat Singapura, dan di Jakarta ini tentunya akan di backkup oleh Koarmada RI. Ini tentunya tidak lepas hubungan dari Koarmada RI, Koarmada I, II, III tidak bisa lepas, sehingga di Jakarta dikelola komando Koarmada RI, nanti komando Koarmada I di Tanjung Pinang, Koarmada II tetap sehingga ini lebih kepada efektif, efisien operasional dan memudahkan pengendalian kodam,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here