Ekspedisi Jalur Rempah, KRI Dewaruci Singgah di Ternate

70

JAKARTA, NMN – Sejak tahun 2010 hingga tahun 2022, pertama kalinya pelayaran KRI Dewaruci ke Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Pelayaran KRI Dewaruci kali ini dalam rangka Ekspedisi Jalur Rempah ke beberapa daerah.

Kedatangan KRI Dewaruci ke Bumi Moloku Kieraha membawa rombongan sebanyak 149 Pemuda maupun Pemudi yang terpilih dari 34 Provinsi di Indonesia.

Mereka ikut berlayar mengikuti agenda Napak Tilas ke enam titik Jalur Perdagangan Rempah Nusantara, seperti di Surabaya, Makassar, Bau-Bau, Buton, Ternate, Tidore, Banda, dan Kupang. Pelayarana ini merupakan sebuah rangkaian kegiatan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL) Ternate, Letnan Kolonel (Letkol) Ridwan Aziz mengucapkan selamat datang kepada sejumlah rombongan Muhibah Jalur Rempah. Ternate sendiri wajib dikunjungi kata Ridwan, sebab Ternate adalah kota Rempah.

“Sebuah kehormatan bisa ikut berlayar dengan kapal KRI Dewaruci. Ini adalah momentum berharga bagi kalian semua sebagai peserta,”ucap Ridwan, Selasa (14/6).

KRI Dewaruci merupakan satu-satunya kapal milik TNI AL yang biasa dipakai pelatihan bagi Taruna Akademi Angkatan Laut (AL). KRI Dewaruci sudah 60 tahun melayani lulusan akademi AL, mengelilingi dunia, dengan satu kali perjalanan bisa menempuh 20 Negara.

Komandan KRI Dewaruci Sugeng Hariyanto, M. Tr. Opsia, Mayor Laut berharap dalam pelayaran pertama ke Ternate ini bisa mendapat pengakuan dunia. Sebab, rempah-rempah ini lah yang membuat bangsa Eropa itu tiba di Ternate, dengan sejarah ini lah, menjadi spirit membangun masa depan.

“Ternate kaya akan rempah, namun nilai jual dari rempah ini masih sangat kecil. Semoga melalui kegiatan ini kita dapat mendorong agar Rempah di Ternate punya nilai jual yang lebih baik,” ucap Sugeng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here