Hyundai Heavy Industries Rampungkan Kapal HVL Seberat 10.000 Ton

1178
Photo: politico.com

Hyundai Heavy Industries Co., Ltd (HHI), perusahaan pembuat kapal terbesar di dunia dan kontraktor fasilitas lepas pantai terkemuka, pada Minggu (28/2), mengumummkan bahwa perusahaan rekanannya, Hyundai Samho Heavy Industries, telah merampungkan kapal heavy lift vessel (HLV) seberat 10.000 ton bernama Hyundai-10000 di galangan kapalnya di Yeongnam, Korea Selatan.

Setelah melalui serangkaian uji akhir, HLV akan bergabung dengan infrastruktur pembuat fasilitas lepas pantai milik HHI di Ulsan pada bulan Maret dan mulai beroperasi bulan April tahun ini. Kapal yang dilengkapi 8 crane penopang ganda tersebut memiliki panjang 182 meter, lebar 70 meter, dan tinggi 11 meter.

Dengan adanya HLV, kapasitas angkat maksimal HHI per modul akan meningkat melebihi enam kali lipat dari 1.200 ton ke 8.000 ton. Dengan HLV baru ini, HHI dapat memasang blok termodulasi lebih besar yang dibangun di darat dan langsung membawanya ke fasilitas lepas pantai. Dengan demikian, resiko bekerja di ketinggian bisa diminimalkan.

Karena pasar lepas pantai dunia mengalami peningkatan pada ukuran fasilitas, penambahan kapal crane berukuran sangat besar ini dapat membantu HHI mengurangi waktu konstruksi fasilitas lepas pantai yang sedang dikerjakan. Selain itu, kapal tersebut juga mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh HHI sebesar KRW 24 miliar (US$21,9 juta) tiap tahun.

Kapal HLV ini akan digunakan untuk membangun 19 proyek lepas pantai termasuk proyek FPSO Q204 untuk BP di anjungan lepas pantai HHI di Ulsan, Korea Selatan. (Ast/Mhf)

 

Sumber: Hyundai Heavy Industries Co., Ltd. via hellenicshippingnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here