Indonesia Reef Garden Optimalkan Potensi Kepulauan Seribu

496

Program Indonesia Reef Garden yang akan menyatukan terumbu karang dari berbagai daerah di Indonesia di Kepulauan Seribu bakal dijalankan oleh pemerintah. Program ini juga akan mengoptimalkan potensi Kepulauan Seribu menjadi destinasi dunia.

Syafrie Burhanuddin selaku Deputi IV (Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Maritim) Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya mengatakan pihaknya memindahkan beberapa spesies terumbu karang yang ada di beberapa destinasi ke Kepulauan Seribu.

“Dengan demikian, kita punya taman laut yang begitu banyak dan indah, kita pusatkan di satu tempat. Program ini juga sudah diminta oleh Menko Maritim melalui program satu juta terumbu karang di Kepulauan Seribu,” kata Syafrie di Jakarta, Senin (26/1).

Ia mengungkapkan, saat inbi di Kepulauan Seribu setidaknya terdapat sekitar 42 spesies Terumbu Karang. Bahkan, di Raja Ampat ada sekitar 500-an terumbu karang.

“Belum lagi dari daerah-daerah lain. Jika semua disatukan di Kepulauan Seribu tentunya Indonesia akan memiliki Indonesia Reef Garden, yang menunjang pariwisata Indonesia, menunjang konservasi, memperkuat sumber daya ikan, memperkuat kesejahteraan rakyat di sana,” ujarnya.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here