Indonesia Sangat Berkomitmen Dalam Melestarikan Laut

295

BALI, NMN – Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry menilai, Penyelenggaraan Our Ocean Conference (OOC) 2018 memperlihatkan komitmen Indonesia untuk memimpin negara-negara lain dalam melestarikan laut dari ancaman kehancuran.

“Kepemimpinan Indonesia telah diperlihatkan pada dunia hari ini. Itu sudah menunjukkan peningkatan yang luar biasa dalam menjaga keberlanjutan laut,” ujar John Kerry di Forum OOC 2018.

Sebagai pemimpin aksi melestarikan laut saar ini, kata John Kerry, Indonesia harus didukung oleh delegasi peserta OOC. Supaya aksi melestarikan laut dapat berjalan secara maksimal dan luas hingga belahan dunia lain.

“Ini merupakan tanggung jawab bersama bukan Indonesia saja,” kata dia.

Melalui ajang ini, merupakan bentuk dukungan nyata terhadap ancaman kerusakan laut dari mulai polusi limbah, pencurian ikan, eksploitasi perikanan, dan lain-lain.

“Salah satunya dengan menjaga hasil tangkapan, jangan sampai terlalu banyak hingga overfishing,” imbuhnya.

Dia harap, komitmen yang dihasilkan dari forum OOC dapat secara transparan dilaksanakan oleh para delegasi di negaranya masing-masing dan memastikan ada kemajuan implementasi dari komitmen yang telah dijalankan.

“Kebijakan yang ada saat ini tentunya beralasan. Transparan, dapat dipertanggungjawabkan dan menjunjung keadilan,” pungkasnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here