Jasamarga Bali Tol Tanam 756.800 Bibit Mangrove

137
Foto: bluecarbonsociety.org

JAKARTA, NMN – PT Jasamarga Bali Tol (JBT) menanam total 756.800 bibit mangrove di Jalan Tol Bali Mandara, tepatnya di Interchange Ngurah Rai dan di Km 3+600. Jumlah ini termasuk penanaman bibit mangrove yang membentuk tulisan G20 sebesar 158×54 meter dengan total 300.000 bibit.

Direktur Utama PT JBT I Ketut Adiputra Karang mengatakan penanaman bibit mangrove tersebut merupakan bagian dari penataan Jalan Tol Bali Mandara dalam menyambut penyelenggaraan Presidensi G20 pada November 2022 mendatang.

“Jalan Tol Bali Mandara menjadi salah satu infrastruktur yang nantinya akan mendukung mobilisasi para delegasi negara anggota G20. Tantangannya saat ini adalah bagaimana upaya kami dalam menjaga bibit mangrove di tengah cuaca tidak menentu dan angin kencang yang berpotensi menimbulkan arus ombak tinggi,” kata I Ketut Adiputra pada Senin (5/9).

I Ketut Adiputra menjelaskan, adapun sejumlah penataan yang dilakukan antara lain lansekap, green environment dalam program penanaman mangrove, pohon hingga pembuatan taman, green energy dalam pekerjaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), renovasi gerbang tol, dan pemasangan karya seni patung penari Bali.

“Tak hanya penataan untuk estetika semata, kami juga melaksanakan program berbasis green environment dan green energy, hal ini selaras dengan isu-isu seputar lingkungan yang dibahas dalam G20,” ujarnya.

Menurutnya, Tol Bali Mandara juga bertransformasi untuk menjadi tol yang ramah lingkungan. Untuk itu PLTS yang bekerjasama dengan PT Bukit Energi Investama juga mulai beroperasi untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan sehari-hari seperti PJU, Kantor Operasional hingga Gerbang Tol.

Hal ini, lanjutnya, selaras dengan pengurangan emisi karbon global yang merupakan salah satu fokus dari Presidensi G20 Indonesia. “Pengerjaan penataan Jalan Tol Bali Mandara yang digelar oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Jasamarga Bali Tol (JBT), telah selesai 100% pada minggu ketiga Agustus 2022,” pungkas I Ketut Adiputra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here