Jelang Musim Nataru, Pelni Siapkan 210.990 Kursi

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memperkirakan tingkat permintaan masyarakat untuk libur Natal dan Tahun Baru masih tetap terjaga kendati pemerintah akan mempersingkat jumlah hari libur akhir tahun dari rencana semula.

Head of Corporate Pelni Yahya Kuncoro dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/11) mengatakan untuk moda transportasi laut, persiapan menjelang libur akhir pekan dilakukan lebih lama dibandingkan dengan moda lainnya.

Pelni melakukan antisipasi tingginya permintaan periode akhir tahun dimulai dari 8 Desember 2020 hingga 8 Januari 2020. Jelang momen Nataru, kini Pelni telah menyiapkan 210.990 kursi untuk para penumpang.

Yahya memaparkan sejumlah rute yang menjadi tujuan masyarakat selama nataru adalah Belawan, dan wilayah timur seperti Manokwari, Sorong, dan Makassar. Rute tersebut merupakan rute jarak menengah pendek yang tidak memerlukan waktu bepergian lebih dari dua hari.

Menurutnya dengan karakteristik tersebut, maka tingkat permintaan masyarakat tetap stabil kendati waktu liburan menjadi lebih pendek.

“Kami pikir kalau sebenernya ketika ada pengurangan waktu liburan. Masyarakat yang merayakan nataru, keinginan bepergian cukup ada dan pasti tetap ada pertumbuhan dibandingkan dengan November ini,” katanya.

Selain itu jumlah lonjakan penumpang juga lebih terkendali karena disesuaikan dengan okupansi maksimal sebesar 50 persen dari total kapasistas. Namun dari sisi jumlah memamg masih akan jauh dibandingkan dengan tahun lalu.

Saat ini penjualan tiket Pelni sudah mulai dibuka secara online dan tidak hanya melalui laman resmi tetapi juga aplikasi mobile dan travel. Pelni pun akan menyiagakan seluruh armadanya sebanyak 26 kapal beroperasi dan sebanyak 45 kapal perintis.

Para calon penumpang kapal wajib membawa dan menunjukkan kepada petugas Surat Keterangan Bebas Covid-19 dari hasil PCR atau Rapid Test terbaru dengan hasil Negatif/Non-Reaktif yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit atau fasilitas kesehatan resmi serta membawa kelengkapan administrasi lainnya saat check in, wajib bermasker, dan dihimbau agar datang di pelabuhan 3 jam sebelum keberangkatan untuk validasi data diri dengan petugas kami yang bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan).

Latest Article

Pelindo Peti Kemas Benahi Pelabuhan Ternate dan Pelabuhan Merauke

0
JAKARTA, NMN - Pengoperasian Pelabuhan Ternate di Maluku Utara dan Pelabuhan Merauke di Papua Selatan oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelindo Terminal Petikemas...

Komitmen Indonesia dalam Mewujudkan Transportasi yang Berkelanjutan di ASEAN

0
JAKARTA, NMN - Pemerintah Indonesia berkomitmen dalam mewujudkan transportasi berkelanjutan di ASEAN.  Hal tersebut disampaikan oleh  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri...

Revisi Kedua PM 4 Tahun 2022 terkait Pelayanan Kapal Wisata Asing dan Kapal...

0
JAKARTA, NMN - Kementerian perhubungan senantiasa berupaya untuk pengembangan sektor pariwisata dan industri maritim di Indonesia. Salah satu Upaya yang dilakukan adalah merevisi Permenhub...

Pelindo Multi Terminal Catat Kinerja Positif pada Semester I/2023

0
JAKARTA, NMN - PT Pelindo Multi Terminal/SPMT mencatat kinerja positif  dalam mengelola segmen terminal nonpetikemas di Indonesia pada Semester Pertama 2023. Kinerja positif ini...

Kemenhub Percepat Implementasi NLE di Pelabuhan

0
JAKARTA, NMN - Kementerian Perhubungan Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berkomitmen untuk mendukung percepatan implementasi National Logistic Ecosystem (NLE) di pelabuhan-pelabuhan di seluruh...

Related Articles