Kadin Minta Industrialisasi Sektor Perikanan Dipercepat

520
Photo: bisnis.liputan6.com

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta kepada pemerintah agar dapat mempercepat industrialisasi di sektor perikanan. Kalangan perbankan pun diharapkan dapat meningkatkan pembiayaan di sektor perikanan termasuk dalam pembiayaan infrastrukturnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan pihaknya mendukung penuh implementasi Instruksi Presiden No.7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

“Implementasi aturan tersebut sangat penting bagi industrialisasi di sektor perikanan karena berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat baik nelayan, pembudidaya, pengolah maupun pemasar hasil perikanan,” kata Yuki dalam Rakernas Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Senin (7/11).

Untuk itu, lanjutnya, perlu juga percepatan pembangunan infrastruktur serta peningkatan kalangan perbankan BUMN dan lembaga keuangan untuk memberikan fasilitas pembiayaan.

“Saat ini, kredit perbankan yang tersalurkan di sektor perikanan baru mencapai 3,0 persen dari total Rp5.000 triliun yang tersedia, jadi sangat kecil penyalurannya,” ujar Yuki.

Ia pun menghimbau agar pemerintah segera mempercepat pembangunan infrastruktur seperti di Ambon dan Papua, agar banyak investor kelautan dan perikanan yang masuk ke daerah itu, dan akhirnya bisa mengoptimalkan kredit perbankan,” pungkasnya.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here