Kecelakaan Kapal Wisata di Labuan Bajo, KSOP Minta Siaga Cuaca Ekstrim

98
Evakuasi Kapal Wisata Tiana di Labuan Bajo

Terjadi kecelakaan Kapal Motor (KM) Tiana yang merupakan kapal wisata di perairan wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur  pada hari Sabtu (21/1). Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan cq Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo meminta kepada seluruh kapal wisata baik itu nakhoda maupun pemilik kapal untuk siaga menghadapi cuaca ekstrim yang masih terjadi sampai saat ini.

KSOP Labuan Bajo bersama tim gabungan dari stakeholder terkait berhasil mengevakuasi KM. Tiana. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Sembilan belas (19) orang penumpang yang terdiri dari 5 orang WNI, 10 orang WNA dan 4 orang kru kapal, semuanya selamat.

“Mengingat cuaca ekstrim masih terjadi hingga saat ini, saya meminta kepada seluruh kapal wisata yang ada di Labuan Bajo untuk terus bersiaga dan berhati-hati ketika berlayar,” ujar Hasan Sadili selaku Kepala KSOP Labuan Bajo, Minggu (22/1).

Hasan juga meminta agar kapal wisata untuk tidak memaksakan berlayar dan juga terus mengecek kelaiklautan kapal ketika akan berlayar.

“Saya juga meminta agar pemilik kapal serta nahkoda untuk terus memeriksa kapalnya ketika ingin berlayar, jangan memaksakan berlayar jika cuaca tidak mendukung,” kata Hasan.

Lebih lanjut Hasan meminta kepada jajaran KSOP Labuan Bajo untuk terus siaga ketika bertugas dan terus mengutamakan keselamatan berlayar agar tidak terjadi kembali kecelakaan kapal kedepannya.

Hasan juga menegaskan kapal yang beroperasi harus memiliki sertifikat kapal yang masih berlaku guna menjamin kelaiklautan kapal dan keselamatan operasional kapal. Selain itu, kapal yang berlayar harus sudah melalui prosedur dan ketentuan yang berlaku serta telah mendapatkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang ditandatangani Syahbandar.

“Selain menjaga keselamatan dan keamanan juga sebagai legalitas kapal yang akan beroperasi atau berlayar,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here