Kembangkan Pelabuhan Hub Internasional, Kemenhub Siapkan Diskon Tarif

476

Pemerintah saat ini tengah mengembangkan tiga pelabuhan yang akan dijadikan hub internasional. Untuk mendatangkan kapal-kapal berkapasitas besar, Kementerian Perhubungan sedang mempersiapkan tarif diskon bagi kapal yang bersandar di Indonesia.

“Kita sedang bikin formulasi diskon tarif, terutama bagi kapal-kapal yang kapasitasnya besar,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (11/4).

Menhub menambahkan, tiga pelabuhan besar yang akan dikembangkan pemerintah adalah Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

“Tarif diskon kepada kapal-kapal berkapasitas besar diberikan sebelum ketiga pelabuhan tersebut menjadi pelabuhan hub internasional, karena kita ingin memancing kapal-kapal yang berkapasitas besar datang ke Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Menhub, pihaknya juga tengah mengkaji perhitungan biaya penundaan dan pemanduan kapal.

Menhub memaparkan, untuk saat ini Pelabuhan Tanjung Priok yang pertama menjadi pelabuhan hub internasional. Hal ini dikarenakan belum adanya pelabuhan-pelabuhan yang lain, yang siap menjadi hub internasional.

“Selama dua tahun ini, selama Kuala Tanjung belum beroperasi penuh, maka Priok lah yang dipilih jadi hub, Pelabuhan Kuala Tanjung juga nantinya akan fokus pada kontainer, sedangkan untuk Pelabuhan Patimban difokuskan sebagai pelabuhan pelayanan industri kendaraan,” jelasnya.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here