Kemenhub: 77 Pelabuhan Terapkan Inaportnet

145
Foto: IPC TPK

JAKARTA, NMN – Kementerian Perhubungan menyebutkan bahwa implementasi Inaportnet hingga saat ini sudah diterapkan pada 77 pelabuhan. Inaportnet adalah sebuah sistem informasi layanan secara elektronik berbasis internet di pelabuhan yang telah dimulai sejak 2016.

“Dalam perjalanannya, Inaportnet ini terus mengalami perkembangan dan saat ini sudah diterapkan di 77 Pelabuhan dan rencananya di 2022 ini akan ditambah 25 pelabuhan lagi,” kata Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen Sartoto, Jumat (8/4).

Capt Mugen menjelaskan keberadaan Inaportnet bertujuan untuk menciptakan pelayanan di pelabuhan yang efektif, efisien dan transparan. Sehingga secara bertahap Inaportnet ini akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Menurut Capt. Mugen, 25 pelabuhan yang akan mengimplementasikan Inaportnet pada tahun ini adalah pelabuhan Tegal, Kalianget, Panarukan, Tanjung Selor, Sintete, Ketapang, Pangkalan Bun, Pulau Pisau, Sukamara, Kumai, Nunukan, Toli-toli, Teluk Padang Bai, Celukan Bawang, Badas, Bima, Laurentius Say, Ende, Kalabahi, Waingapu, Labuan Bajo, Banda Neira, Merauke, Manokwari dan Fakfak.

Selain itu, Capt Mugen mengungkapkan ada penambahan fungsi Inapornet menjadi Inaportnet untuk kapal non trayek/non RPK/Pelra, Ship to Ship transhipmen atau FSU, Perbuhan lokasi masuk, Verifikasi LKK, Endorse PMKU, PKK Anchorge dan Modul PWMS.

Sebelum penerapan sistem Inaportnet di Pelabuhan akan dilakukan beberapa tahapan yaitu Training of Trainers (TOT) kepada para operator dari Kantor KSOP dan UPP.

“Kemudian Uji Coba infrastruktur, Uji Coba Sistem BUP, Sitem Integration Tes (SIT), Refreshment dan Sosialisasi ke pengguna jasa dilakukan bertahap,” tutupnya.

Sebagai informasi, hingga saat ini Inaportnet telah dimanfaatkan di 77 pelabuhan. Ke-77 pelabuhan itu adalah Tj Priok; Belawan; Tj Perak; Makassar; Batam; Dumai; Panjang; Banten; Tj Emas; Banjarmasin; Tj Balai Karimun; Balikpapan; Ambon; Sorong; Tj Pinang; Tl Bayur; Tj Buton; Palembang; Cirebon; Patimban; Cilacap; Gresik; Benoa; Pontianak; Samarinda; Bontang; Bitung; Bau-bau; Ti Palu; Kendari; Ternate.

Kemudian, Jayapura; Biak; Kijang; Kuala Tanjung; Pekanbaru; Talang Duku; Pulai Baai; Sunda Kelapa; Tj Wangi; Lembar; Kupang; Sampit; Kotabaru-batulicin; Tarakan; Manado; Pare-pare; Gorontalo; Sabang; Kuala Langsa; Meulaboh; Lhokseumawe; Malahayati; Pangkalan Susu; Sibolga; Tj Balai Asahan; Gunung Sitoli; Kuala Cinaku; Bengkalis; Kuala Enok; Tembilahan; Selat Panjang; Kuala Tungkal; Muara Sabak; Pangkal Balam; Tanjung Pandan; Muntok; Bakauheni; Kep. Seribu; Marunda; Muara Angke; Probolinggo; Anggrek; Tj Uban; Sanggata; Satui; Manggar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here