KKP Salurkan 838.000 Ekor Benih Ikan

144
Foto: KKP

JAKARTA, NMN – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi menanam 1.000 bibit indigofera dan menyalurkan bantuan benih ikan sebanyak 838.000 ekor.

Kepala BPBAT Sungai Gelam, Boyun Handoyo mengatakan sejalan dengan konsep ekonomi biru yang digaungkan oleh KKP, dimana pembangunan perikanan budidaya harus memperhatikan keberlangsungan usaha dan dampak ekosisitem sekitar maka dari itu, BPBAT Sungai Gelam melakukan penanaman pohon bibit indigofera untuk bahan baku pakan mandiri serta menyalurkan benih ikan.

“Kami lakukan pembibitan untuk perbanyakan Indigofera ini sebagai salah satu alternatif bahan baku pakan ikan yang ke depannya diharapkan bisa mensubstitusi kedelai dan sumber protein lain,” ujar Boyun dalam siaran pers KKP, Selasa (2/11).

Upaya ini, sambung Boyun, sebagai wujud konsistensi dalam mengembangkan bahan pakan alternatif berupa tanaman Indigofera sebagai bahan baku pakan sumber protein nabati ini. BPBAT Sungai Gelam Jambi menargetkan kebun pohon Indigofera bisa menjadi ajang diseminasi dan sosialisasi secara luas bahwa ada bahan baku alternatif yang dapat dikembangkan.

Selain itu, BPBAT Sungai Gelam juga menyalurkan dukungan langsung input produksi bagi pembudidaya ikan skala kecil selama bulan Oktober kemarin agar produksinya tetap berjalan di tengah wabah Covid-19.

Dukungan tersebut berupa benih ikan sebanyak 838.000 ekor antara lain benih ikan lele, benih ikan patin PUSTINA, benih ikan nila, dan benih ikan gurami Batanghari.

“Bantuan benih ikan tersebut diserahkan kepada pembudidaya yang berada di Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Lir, Provinsi Sumatera Selatan, dan Kabupaten Bangka Selatan dan Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Boyun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here