KMP Kaldera Toba Bakal Mendukung Pariwisata Danau Toba

167

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP akan mengoperasikan KMP Kaldera Toba. Kapal ini merupakan kapal penyeberangan kedua di kawasan Danau Toba. Adanya KMP Kaldera Toba akan mendukung pembangunan kawasan Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan tertulis yang diterima Senin (15/2) mengatakan KMP Kaldera Toba akan dioperasikan ASDP di bawah koordinasi Cabang Sibolga.

Kapal ini dibangun Kementerian Perhubungan oleh PT Dok Bahari Nusantara yang berukuran 200 GT dengan kapasitas penumpang 152 orang dan 24 unit kendaraan campuran. Rencananya, KMP Kaldera Toba akan melayani rute perintis Muara – Onan Runggu.

Tentunya, lanjut Shelvy, dengan hadirnya layanan ASDP dalam mendukung konektivitas dapat lebih meningkatkan kemajuan sektor pariwisata Danau Toba agar semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Sejak tahun 2018, ASDP hadir melayani lintasan Ajibata – Ambarita dengan mengoperasikan KMP Ihan Batak.

“Dengan adanya penambahan KMP Kaldera Toba diharapkan tidak hanya  memperlancar konektivitas antarpulau, tetapi juga meningkatkan pelayanan transportasi penyeberangan serta peningkatan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Danau Toba. Apalagi Danau Toba diarahkan menjadi destinasi pariwisata yang bertaraf internasional,” kata Shelvy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here