Komitmen Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, Sampai Mei 2021 Pelindo 1 Salurkan Dana TJSL Rp 5,31 Miliar

54

Medan, NMN – Pelindo 1 berkomitmen penuh dalam mendukung peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dengan mengimplementasikan dan mengembangkan tanggung jawab sosial perusahaan melalui penyaluran Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (d/h Program Kemitraan dan Bina Lingkungan). Langkah ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya yang sedang kesulitan atau terdampak  pandemi, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Hingga Mei 2021, Pelindo 1 berhasil menyalurkan total dana TJSL sebesar Rp 5,31 miliar. Dana Program TJSL tersebut termasuk didalamnya Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil (UMK) (d/h Program Kemitraan) sebesar Rp. 3,31 miliar dan (d/h Program Bina Lingkungan) sebesar Rp 2 miliar

“Dana Program Pendanaan UMK diharapkan dapat menjadi stimulus bagi usaha mikro kecil agar bisa  mengembangkan usahanya, khususnya yang selama ini terdampak  pandemi Covid-19. Kami berharap dana ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar di wilayah kerja Pelindo 1,” kata SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1, Basuki Soleh.

Program Pendanaan UMK memiliki fokus dalam aspek pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat yang diberikan dalam bentuk pemberian modal kerja dalam bentuk pinjaman dan/atau pembiayaan syariah untuk UMK di berbagai sektor seperti industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan jasa.

VP PKBL Pelindo 1, Fatimah Zuhra menambahkan, dalam pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, Pelindo 1 tidak hanya memberikan pinjaman dana semata, namun juga melakukan pembinaan berupa pelatihan, pemasaran dan pembinaan lainnya  untuk mengoptimalkan kompetensi mitra binaan Pelindo 1 dalam menekuni bidang usahanya. “Pelindo 1 juga turut memberikan pelatihan kepada UMK, seperti tentang marketing digital untuk memperluas pangsa pasar secara online. Harapannya, program ini bisa membantu mengembangkan industri rumahan.

Adapun Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah kegiatan yang merupakan komitmen Perusahaan terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, terukur dampaknya serta dapat dipertanggungjawabkan dan merupakan bagian dari pendekatan bisnis perusahaan. Penyaluran Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan tersebut dilakukan di empat propinsi yang merupakan lingkup area operasional Pelindo 1 yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau melalui cabang-cabang Pelindo 1 di daerah bersangkutan.

Terkait Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan hingga Mei 2021, Pelindo 1 telah menyalurkan dana untuk program-program unggulan seperti bantuan bencana gempa bumi di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan, bantuan penanganan Covid-19  RSDC Wisma Atlet dan Nakes RSDC Simprug, bantuan bencana alam di NTT dan Magelang, bantuan sembako untuk ibu hamil dan balita terdampak HIV AIDS di Kota Medan, bantuan pembangunan sarana ibadah dan sarana pendidikan, dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here