Menko Maritim Inginkan Jembatan Udara Logistik

405

Program Tol Laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdampak terhadap penurunan harga barang kebutuhan pokok, terutama Indonesia Timur. Untuk mengoptimalkan program Tol Laut itu, dibutuhkan sinergi dengan menggunakan jembatan udara logistik.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli menginstruksikan kepada jajarannya untuk menyusun rencana pembangunan jembatan udara logistik.

“Ini dilakukan untuk mengurangi disparitas atau perbedaan harga antara Indonesia Timur dan Indonesia bagian Barat,” kata Rizal di Jakarta, Senin (30/5).

Rizal menilai, program Tol Laut belum mampu menurunkan harga barang kebutuhan pokok di Papua bagian dalam, karena transportasi yang tidak memadai. Oleh karena itu, pihaknya berencana merancang konsep jembatan udara logistik untuk menembus wilayah pedalaman Papua. Dengan demikian, harga barang kebutuhan pokok di wilayah tersebut dapat diturunkan.

“Tol laut ini berhasil menurunkan kebutuhan pokok di pelabuhan, tapi untuk mencapai pegunungan di Papua itu perlu jembatan udara logistik. Ini akan dirancang,” ujarnya.

 

Penulis: Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here