Pelindo III Dukung Pemerintah Capai Target Kunjungan Wisata

3564

Pemerintah telah mencanangkan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019. PT Pelindo III (Persero) terus mendukung upaya Pemerintah tersebut dengan mengoptimalkan pelabuhan yang ada.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (30/11) CEO Pelindo III, IG. N. Askhara Danadiputra mengatakan pihaknya saat ini mengelola sejumlah pelabuhan yang menjadi gerbang destinasi andalan di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Menurutnya, terminal penumpang di pelabuhan – pelabuhan yang disandari kapal pesiar (cruise) akan terus dibangun dan direnovasi agar lebih modern dan representatif sebagai gerbang wisata.

“Tidak hanya perbaikan bangunan terminal, contohnya alur masuk ke Pelabuhan Benoa yang sedang dilakukan pelebaran dan pendalaman sejak September lalu,” ujarnya.

Kondisi eksisting Pelabuhan Benoa saat ini memiliki kedalalaman alur minus 8 meter Low Water Spring (LWS) yang hanya bisa mengakomodir kapal pesiar dengan panjang kurang dari 210 meter dan berkapasitas penumpang kurang dari 1.400 orang.

Setelah pengerjaan selesai, kedalaman alur bisa mencapai minus 12 meter LWS, sehingga kapal dengan panjang lebih dari 300 meter yang mampu membawa 5.000 penumpang bisa sandar di dermaga Pelabuhan Benoa.

Pelindo III juga pengembangan untuk beberapa pelabuhannya yang diperuntukkan untuk wisata marina di antaranya Banyuwangi di Jawa Timur, Lombok Barat di Nusa Tenggara Barat, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here