Program Tol Laut di Papua Terus Berkembang

79
Foto: Humas Laut

JAKARTA, NMN – Program Tol Laut di Papua saat ini terus mengalami perkembangan seperti bertambahnya armada-armada nasional, diikuti juga meningkatnya industri turunan lainnya.

Antara lain, seperti Bussines Shipping, perkapalan, kepelabuhan, logistik, perikanan dan kelautan termasuk hasil komoditi daerah-daerah yang menjadi program unggulannya dalam pengelolaan sumber daya yang ada.

“Semua perkembangan itu tentunya dengan memperhatikan elemen-elemen penting sebagai komponen dari penyelenggaraan Tol Laut baik sebagai komponen utama dan pendukung, seperti: Pelabuhan, Kapal, Sistem Logistik dan Hubungan antar Lembaga,” kata Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan KSOP Kelas II Jayapura, Willem Thobias Fofid, Jumat (10/9).

Kepala KSOP Kelas II Jayapura Taher Laitupa menambahkan, peningkatan Tol Laut terus terjadi dengan mencapai 61 kontainer pada voyage 8 dan voyage 9.

“Bahkan distribusi logistik kebutuhan PON XX melalui Tol Laut terus meningkat dari Pelabuhan Depapre ke Pelabuhan Pomako dan Merauke, sehingga dalam kesempatan dialog ini diharapkan secara edukasi masyarakat dapat mengetahui secara utuh tentang penyelenggaraan Tol Laut dengan data dan informasi terkini,” jelas Taher

Taher mengatakan, diharapkan masyarakat kian menyadari betapa pentingnya Tol Laut Lintas Papua, yaitu menjangkau dan mendistribusikan logistik ke daerah 3TP/Tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan.

Selain itu, Tol Laut juga menjamin ketersediaan barang dan mengurangi disparitas harga guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pentingnya konektivitas tentang pengiriman Barang Pokok Penting/Bapokting yang tidak dimonopoli, dan muatan balik hasil industri daerah agar terjadi keseimbangan perdagangan.

Dalam rangka sosialisasi program Tol Laut kepada masyarakat, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui KSOP Kelas II Jayapura bersama LPP RRI Jayapura menggelar Dialog Interaktif dengan Topik Program Strategis Nasional Tol Laut Lintas Papua dan Multimoda Transportasi. Acara ini sekaligus dalam rangka menjawab beberapa pertanyaan yang ada seiring dengan meningkatnya pengguna Tol Laut oleh masyarakat khususnya dalam menyambut perhelatan Pekan Olaharaga Nasional (PON) XX 2021 di Papua.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here