Proyek Pelabuhan Patimban, Pelindo II Siap Jadi Operator

558

Kementerian Perhubungan saat ini tengah menyusun DED (Detail Engineering Design) proyek Pelabuhan Internasional Patimban di Subang Jawa Barat. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II direncanakan bakal menjadi salah satu operator pelabuhan internasional tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya saat ini tengah membahas DED bersama dengan Japan International Corporation Agency (JICA). “Rencananya, Pelindo II akan diserahkan tugas untuk menjadi salah satu operator Pelabuhan Patimban bekerja sama dengan perusahaan Jepang,” kata Menhub di Jakarta, Senin (9/1).

Menurutnya, pada saat DED sudah selesai dibahas, pihaknya akan menindaklanjuti siapa yang akan menjadi partner Pelindo II dalam mengelola Pelabuhan Patimban.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Elvyn G. Masassya menambahkan bahwa pihaknya kemungkinan besar akan menjadi badan usaha yang ikut serta mengelola proyek Patimban.

“Ini belum keputusan final, masih akan ada meeting berikutnya. Tapi Pelindo II siap menjadi operator pengelolaan Patimban,” tegas Elvyn.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa finalisasi Pelabuhan Patimban sudah masuk Bluebook (daftar rencana pinjaman/hibah luar negeri) Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Selain itu, kata Luhut, Memorandum of Understanding (MoU) antara Kemenhub dan JICA (Japan International Cooperation Agency) untuk detail engineering design sudah selesai dilakukan. Dari pihak Indonesia, Kementerian Perhubungan penyusunan DED (Detail Engineering Design) yang akan melibatkan BPPT, Pelindo dan pihak Jepang.

 

Penulis: Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here