Teknologi Satelit Bantu Nelayan Menghemat BBM

347

BALI, NMN-Ajang Our Ocean Conference (OOC) 2018 mendorong nelayan kecil mengenal teknologi memancing menggunakan satelit, untuk menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Suseno Sukoyono di Nusa Dua, Bali, Selasa (30/10) mengatakan pihaknya telah melakukan ujicoba terhadap penggunaan teknologi satelit pada nelayan kecil di beberapa wilayah. Ketika diimplementasikan saat memancing ternyata dirasakan sangat berguna dalam menghemat bahan bakar nelayan kecil.

“Kita banyak inovasi yang telah diujicoba dan tunjukkan di OOC,” imbuhnya.

Dia berharap, selesainya perhelatan OOC dapat membuat perubahan besar terhadap seluruh sektor perikanan. Termasuk para nelayan kecil Indonesia yang mendominasi 90 persen sektor perikanan dalam negeri agar sejahtera dimasa mendatang. “Di forum OOC dunia bisa melihat potensi nelayan dalam negeri,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa pada side event OOC 2018, pihaknya juga langsung menunjukkan pengunaan inovasi teknologi termasuk satelit. Menangkap ikan menggunakan satelit akan lebih efisien dalam menghemat bahan bakar.

“Setelah diketahui keberadaan ikan dengan menggunakan satelit, maka keberadaan ikan diketahui dan nelayan pundapat langsung memancing ke tempat mengumpulnya ikan. Kalau dahulu nelayan bolak-balik mengejar ikan, akhirnya tidak dapat ikan dan habis bahan bakar,” pungkasnya.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here