Tingkatkan Produksi Perikanan, KKP Benahi 10 Sungai

530

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas sektor perikanan. Pembenahan terhadap 10 sungai besar di Indonesia pun dilakukan untuk mengoptimalkan produk perikanan.

Data Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) KKP yang diterima di Jakarta, Senin (15/5) menyebutkan bahwa KKP akan memfasilitasi pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di sepuluh sungai besar.

Kesepuluh sungai tersebut adalah sungai Musi, Batanghari, Asahan, Kampar, Barito, Mahakam, Kapuas, Citanduy, Serayu, dan Bengawan Solo.

“Di PPI ini kami lakukan pencatatan sehingga bisa diketahui berapa sebetulnya jumlah produksi ikan sungai. Selama ini belum pernah dicatat,” kata Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Sjarief Widjaja.

Sjarief mengungkapkan, anggaran yang akan digelontorkan untuk membenahi sungai mencapai Rp25 miliar untuk kesepuluh titik. Dana ini diperuntukan bagi pembangunan PPI, pengadaan perahu pengawas perikanan sungai, benih ikan, dan lainnya.

Berdasarkan data tersebut, benih-benih ikan yang akan ditebar di setiap sungai bisa berbeda-beda. Pengoptimalan perikanan sungai ini diharapkan bisa membantu menggenjot nilai produksi perikanan Indonesia, sehingga PDB perikanan juga akan meningkat.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here