Tol Laut T-19 Distribusikan Akomodasi PON XX

88
Foto: Ismadi/NMN

JAKARTA, NMN – Guna memaksimalkan peranan Tol Laut dalam ajang olahraga terbesar nasional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober 2021 mendatang, Tol Laut khususnya Trayek-19 akan memegang peranan penting dalam hal distribusi akomodasi keperluan PON baik untuk para atlet maupun panitia.

Selain itu, saat ini permintaan masyarakat di Papua terus meningkat sehingga kinerja Tol Laut terus dimaksimalkan.

“Saat ini tingkat kebutuhan masyarakat menggunakan Tol Laut begitu tinggi dan juga untuk penyelenggaran even nasional PON XX Papua di kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika,” kata Kepala KSOP Kelas II Jayapura, Taher Laitupa, Senin (5/7).

Menurutnya, PON XX dijadikan momentum untuk mendongkrak potensi daerah dalam memproduksi komoditi-komoditi unggulan yang nantinya akan didistribusikan melalui Tol Laut.

Adapun komoditi unggulan yang saat ini tengah terus diproduksi guna memenuhi kebutuhan penyelenggaraan PON XX Papua seperti olahan kayu berupa furniture.

Hasil olahan Komoditi industri lokal ini selain sofa, spring bed dan juga tempat tidur serta kursi juga menghasilkan kerajinan tangan dan hiasan untuk industri perhotelan dan kebutuhan peralatan rumah tangga.

Kepala Disperindagkop & UKM Provinsi Papua Laduani melalui Kabid Perindustrian Ronting, mengatakan pengembangan olahan kayu menjadi furniture merupakan produk andalan yang terus meningkat dari Kabupatan dan Kota & Kabupaten Jayapura melalui pelaku usaha lokal.

Nantinya, produk-produk furniture tersebut akan menjadi akomodasi para atlet dan panitia PON XX Papua dan juga memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura Alfons Awaitouw menjelaskan muatan Tol Laut pada trayek T-19 ini terus meningkat seiring dengan tingkat kebutuhan masyarakat yang begitu tinggi dengan menggunakan layanan Tol Laut di Pelabuhan Depapre.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here