Trayek Tol Laut T-30 Diresmikan

178

Trayek baru tol laut T-30 dengan armada KM. Kendhaga Nusantara 12 baru dirilis diawal tahun 2023. Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan laut melepas pelayaran perdana trayek tersebut pada 17 Januari 2023. Trayek tol laut T-30 melayani rute pelayanan Tj. Perak – Pulau Obi – Piru – Bula – Larat – Tepa – Tj. Perak.

Penambahan trayek tersebut merupakan upaya Ditjen hubla guna melayani dan mempermudah distribusi barang di wilayah kepulauan dan juga sebagai wujud pemerintah hadir dalam melayani wilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (T3P).  Hal ini disampaikan dalam sambutan Dirjen Perhubungan Laut dalam keterangan tertulisnya  saat menghadiri Pelepasan Pelayaran Perdana Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Untuk Angkutan Barang di Laut (Tol Laut) Trayek T-30 Pangkalan Tanjung Perak – Surabaya, Selasa.

“Penyelenggaraan Tol Laut dilaksanakan guna melayani dan mempermudah distribusi barang di wilayah kepulauan, khususnya diwilayah-wilayah yang belum terlayani oleh kapal-kapal komersial. Hal ini sebagai wujud bahwa Negara ikut serta dan hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat di wilayah T3P,” ujar Kasubdit Angkutan Laut Khusus dan Usaha Jasa Terkait Capt. Pujo Kurnianto.

Kendhaga Nusantara 12 yang dioperasikan oleh PT. Luas Line direncanakan berlayar dari pelabuhan pangkal Surabaya dengan mengangkut jenis muatan berupa bahan pokok dan bahan penting lainnya dengan tujuan distribusi yaitu sebanyak 16 Teus ke Pulau Obi, 9 Teus ke Piru, 22 Teus ke Bula, dan 7 Teus ke Larat, sehingga tercatat total muatan berangkat yang diangkut KM. Kendhaga Nusantara 12 ini sebanyak 54 Teus.

“Semoga pelepasan perdana kapal Tol Laut Kendhaga Nusantara 12 ini juga dapat menjadi semangat bagi kita semua dalam menyukseskan program Tol Laut pada tahun 2023. Saya harap pelepasan pelayaran perdana ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan dapat dirasakan manfaatnya bagi yang membutuhkan utamanya pada masyarakat di wilayah provinsi Maluku,” ujar Capt. Pujo

Dalam kesempatan ini, Capt. Pujo mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi agar pelayanan tol laut agar dapat mengoptimalkan muatan balik yang dimana peran pemerintah daerah dan BUMD sangat penting.

“saya mengajak semua pihak untuk berkolaborasi untuk mengoptimalkan layanan Tol Laut ini, utamanya untuk meningkatkan muatan balik dimana dalam hal ini peranan pemerintah daerah melalui BUMD/BUMdes sangat berpengaruh untuk meningkatkan hasil produksi daerah yang berpotensial serta dalam strategi mengkonsolidasikan barang dari dan ke daerah T3P agar dapat diangkut menggunakan kapal Tol Laut lebih optimal,” pungkas Capt. Pujo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here