Tsuneishi Terima Pesanan Pembuatan Kapal Curah Baru

985
Photo: worldmaritimenews.com

Tsuneishi Shipbuilding menerima pesanan pertamanya untuk membangun kapal curah tipe 38.300-metrik ton bernama TESS38 dari pemilik kapal asal Jepang.

Perusahaan pembuat kapal tersebut menyatakan pesanan yang diterima adalah untuk membangun beberapa kapal dari jenis tersebut. Penandatanganan kontrak telah dilakukan pada 14 April lalu di Tsuneishi Heavy Industries (Cebu), Inc., Filipina.

TESS38 mulai dikembangkan pada November 2014 sementara penawaran untuk pembuatan kapal ini sudah dimulai pada akhir tahun 2014.

Kapal TESS38 yang baru dikembangkan tersebut berpedoman pada kapal TESS35 yang sudah ada namun ada penambahan panjang kapal dari 30 hingga 180 meter untuk meningkatkan bobot kapal sebesar 3.000 ton sehingga totalnya menjadi 38.300 metrik ton dengan lebar 30 meter dan draft 10,45 meter.

TESS38 dilengkapi dengan alat pengaman kargo yang dapat menjaga kargo di dek kapal.

Model tersebut memiliki empat crane dek dan diciptakan untuk mewujudkan efisiensi penanganan kargo serta kemudahan perawatan karena palka kapal memiliki area terbuka yang lebih luas dan ada juga area berbentuk mirip kotak untuk mengantarkan produk baja.

Kapal tersebut juga dilengkapi dengan teknologi ramah lingkungan seperti alat penghemat energi untuk meningkatkan efisiensi laju kapal dan peningkatan desain badan kapal untuk mengurangi hantaman angin dan ombak.

Menurut Tsuneishi, peningkatan tersebut menjadikan TESS38 sebagai kapal ramah lingkungan dengan efisiensi bahan bakar hingga 15.4% dibandingkan dengan kapal curah yang pernah dibuat perusahaan tersebut pada tahun 1990an. Kapal TESS38 pertama dijadwalkan rampung pada akhir 2017 di Cebu. (Ast/Mhf)

 
Sumber: worldmaritimenews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here