Upaya Kemenhub Dalam Menjaga Kelancaran Logistik Nasional

106
Foto: Ismadi/NMN

JAKARTA, NMN – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) terus berupaya menjamin kelancaran pendistribusian logistik nasional bahkan dalam situasi pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kemenhub, R. Agus H. Purnomo mengatakan pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini cukup mempengaruhi sektor angkutan laut.

“Sektor angkutan laut tidak tumbuh, tapi tetap berjalan. Berdasarkan data Pelindo, sektor logistik mengalami penurunan 10-11 persen dimasa pandemi Covid-19,” kata Agus dalam Diskusi Online Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub) di Jakarta, Selasa (15/9).

Oleh karena itu, lanjut Dirjen Agus, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berupaya agar terciptanya pertumbuhan ekonomi di masa pandemi ini, diantaranya melalui berbagai upaya berikut:

Pertama,tetap mengoperasikan pelabuhan dan pelayaran, khususnya bagi kapal kargo atau barang dengan tetap memprioritaskan keselamatan pelayaran dan memastikan setiap individu yang terlibat dalam kegiatan logistik tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Pelaku Bisnis Logistik Belum Disiplin Melaporkan Manifest Kargo

“Sesuai arahan Bapak Presien RI Joko Widodo dan Menteri Perhubungan meskipun bangsa Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19 namun perekonomian tidak boleh berhenti. Kita harus tetap berupaya agar perekonomian nasional tetap berjalan dengan baik dengan terus melanjutkan pembangunan di segala bidang di tengah keterbatasan, termasuk di sektor transportasi laut dalam menjamin kelancaran logistik nasional ke seluruh penjuru wilayah nusantara, terutama untuk barang komoditas bahan pokok dan barang strategis lainnya melalui transportasi laut bahkan sampai di daerah Terdepan, Terpencil, Tertinggal dan Perbatasan (3TP),” ucapnya.

Kedua, menyiapkan beberapa diskresi melalui sertifikasi ulang dan pemberian perpanjangan ijin.

“Akibat pandemi ini beberapa sektor yang harus sertifikasi ulang, atau perpanjangan – perpanjangan izin diberikan semacam kemudahan karena situasinya memang tidak memungkinkan untuk harus sering bertemu/berkumpul, yang terpenting kami ingin ekonomi tetap berjalan dengan baik,” katanya.

Ketiga, tetap menjalankan program-program pendristribusian logistik baik yang melalui Tol Laut, Kapal Perintis, maupun Kapal Ternak.

“Kami tetap melakukan penugasan. Pengiriman logistik dengan terus mendorong muatan balik dari daerah, terutama daerah 3TP seperti komoditas pertanian dan perikanan,” jelasnya.

Keepat, memberikan insentif tarif. Kemenhub melalui Pelindo telah memberikan keringanan tarif atau insentif pada pelayanan jasa dermarga dan penumpukan dari tarif yang berlaku sebelumnya, termasuk juga memberikan keringanan jasa bongkar muat di pelabuhan.

Kelima, terus melanjutkan pembangunan pelabuhan yang telah di programkan sejak tahun sebelumnya, hal ini bertujuan supaya kapal bisa melakukan bongkar muat dengan sebaik-baiknya.

Keenam, mendorong kawasan – kawasan industri galangan kapal milik asosiasi agar terjadi konektivitas dengan moda transportasi lainnya seperti moda darat dan udara.

“Bagaimana kapal laut bisa singgah dan bekerjasama dalam pendistribusian muatan kapal dengan sebaik – baiknya melalui jalur darat maupun udara. Begitu juga dengan angkutan penumpang. Meski pesawat sudah bisa berjalan, tapi beberapa jalur yang pendek – pendek di daerah masih membutuhkan angkutan laut sebagai sarana penyeberangan,” imbuh Dirjen Agus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here