Wisata Pulau Seribu Masuk dalam Proyek Strategis Nasional

668
Foto: Pemprov DKI Jakarta

JAKARTA, NMN – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merilis 13 proyek baru yang termasuk dalam proyek strategis nasional (PSN). Proyek Pariwisata Seribu Pulau Kepulauan Seribu (DKI Jakarta) menjadi salah satu proyek strategis yang masuk dalam PSN.

Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan 13 proyek PSN baru tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Pemerintah akan memastikan proyek selesai tepat waktu dan tepat sasaran karena berdampak positif terhadap ekonomi Indonesia baik lingkup regional maupun nasional. Rencana aksi, pencapaian, dan tindak lanjut isu perlu segera dilengkapi oleh Penanggung Jawab Proyek Strategis Nasional sebagai dasar bagi kita untuk meneliti dan melihat apa saja yang kita harus lakukan,” kata Wahyu Utomo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/8).

Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah yang masuk ke dalam administrasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Secara geografis, Kepulauan Seribu memiliki total wilayah seluas 4.745,62 km2 yang terdiri dari 8,76 km2 daratan, dan terdiri lebih dari 110 pulau.

Kepulauan Seribu terbagi menjadi dua kecamatan, yakni Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan. Wilayah ini terbagi menjadi enam kelurahan, yaitu Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Untung Jawa.

Di Kepulauan Seribu terdapat berbagai macam penduduk multi etnis dari berbagai latar belakang agama, adat istiadat, serta seni budaya. Bukan hanya keberagaman saja yang ditawarkan Kepulauan Seribu, namun juga keindahan alam laut dan pulau-pulau di Kepulauan Seribu yang menarik banyak pengunjung domestik maupun internasional.

Berikut daftar lengkap 13 proyek PSN terbaru:

  1. Proyek Palapa Ring Integrasi
  2. Proyek Pembangunan Kelapa Dalam dan Industri Turunannya di Papua Barat.
  3. Proyek Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ir. H. Djuanda/Jatiluhur II (DKI Jakarta dan Jawa Barat)
  4. Proyek Pariwisata Seribu Pulau Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)
  5. Proyek Infrastruktur Kereta Api Logistik di Kalimantan Timur
  6. Proyek pembangunan Kawasan Industri Indonesia Konawe Industrial Park (IKIP) di Sulawesi Tenggara
  7. Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Sulawesi Tenggara
  8. Bendungan Rukoh dan Bangunan Pengarah Bendungan Rukoh (Aceh).
  9. Pembangunan PLTS Skala Besar di Kepulauan Riau.
  10. Integrasi PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) melalui pembentukan SugarCo, PalmCo , dan SupportingCo.
  11. Proyek Pengembangan Smelter Terintegrasi PT Vale Indonesia di Bahodopi (Sulawesi Tengah)
  12. Proyek Pengembangan Smelter Terintegrasi PT Vale Indonesia di Pomala (Sulawesi Tenggara)
  13. Smelter Nikel Baterai Listrik di Halmahera Timur, Maluku Utara (Untuk Mendukung Industri Baterai Kendaraan Listrik di Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here