Kapal Perang PT Pal Mau Dipesan Nigeria

0
51
maritimenews.id
Photo: youtube.com

PT Pal Indonesia tengah menjajaki pejualan kapal perang dengan negara Nigeria. Kedua pihak saat ini sudah melakukan pembicaraan untuk pengadaannya. Jika tahun ini terjadi kesepakatan pembelian, kemungkinan kapal pesanan Nigeria diselesaikan dan diserahkan pada Tahun 2019.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, Nigeria sangat tertarik mendatangkan kapal perang made in Pal Indonesia. Namun untuk jenisnya, negara yang terletak di benua Afrika itu belum menentukan apakah bakal memesan jenis Perusak Kapal Rudal (PKR) atau Strategic Sealift Vessel (SSV).

“Kedua pihak masih melakukan pembicaraan. Realisasi pengadaan kapal perang ini akan disesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran dari negara tersebut,” kata Harry.

Menurut Fajar, selain Nigeria, sejumlah negara di Afrika juga tertarik mendatangkan kapal perang buatan Pal Indonesia sukses memenuhi pesanan kapal perang Filipina jenis SSV yang dikirim pada September 2016. Pesanan Filipina ini, dibuat langsung oleh karyawan Pal Indonesia yang merupakan buatan anak bangsa.

“Meskipun di Afrika Selatan ada perusahaan pembuat kapal laut, namun sejumlah negara di kawasan itu lebih tertarik kapal perang Pal. Produksi Pal Indonesia sudah sukses dipasarkan ke Filipina dan kualitasnya sudah teruji,” ujarnya.

Kapal perang produksi Pal Indonesia yang di ekspor ke Filipina diberi nama Davao Del Sur dan memiliki kecepatan maksimal 16 knot. Spesifikasi umum kapal SSV itu termasuk panjang 123,0 meter, lebar 21,8 meter, serat air 5 meter, bobot 7.200 ton, dan daya angkut 621 orang.

Kapal SSV ini merupakan kapal hasil inovasi dari produksi kapal sebelumnya, Kapal Landing Platform Dock (LPD) alih teknologi dengan Korea. Kapal LPD ini banyak digunakan pada Operasi Militer dan kemanusiaan tingkat Internasional dan telah diakui kemampuanannya, seperti Penyelamat MV Kudus di Somalia dan Pencarian Korban Air Asia QZ 8501.

Direktur Utama PT PAL Indonesia Budiman Saleh mengatakan, Kapal SSV telah melalui serangkaIan uji coba dan pengujian sehingga sia untuk di ekspor. “Kapal SSV ini memiliki keunggulan dari sisi harga, kualitas, desain, serta ketepatan waktu pengiriman ke Filipina kata Budiman. (Ags)

 

Sumber : Rakyat Merdeka

maritimenews – who has written posts on Nusantara Maritime News.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

13 − 12 =