Pelindo IV Dukung Ekspor Komoditas Sulsel

90

NMN, JAKARTA – PT Pelindo 4 turut ambil bagian dalam kegiatan “Merdeka Ekspor Pertanian 2021” yang dilaksanakan secara serentak di 17 pelabuhan di Indonesia. Presiden Joko Widodo secara virtual melepas langsung kegiatan ekspor ini. Hal ini penting dilakukan untuk mendukung ekspor produk pertanian Indonesia, terlebih sektor pertanian adalah sektor yang tangguh dan memiliki potensi besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu bertahan dari hantaman pandemi Covid-19, di mana ekspor pada 2020 lalu mencapai Rp451,8 triliun atau naik 15,79% jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp390,6 triliun,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, ekspor yang dilepas  adalah sebesar 627.399 ton atau senilai Rp7,29 triliun meliputi komoditas perkebunan 564.550 ton, tanaman pangan 4.277 ton, hortikultura 7.230 ton, peternakan 4.013 ton dan beberapa komoditas lainnya.

Pelindo 4 melakukan pengiriman sebanyak enam komoditas pertanian unggulan ke berbagai negara melalui Dermaga Soekarno Hatta Terminal Petikemas Makassar (TPM) pada Sabtu (14/08). Komoditas tersebut antara lain adalah kacang mede, kakao bubuk, kakao pasta, kakao biji, porang dan cabai.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelindo IV Prasetyadi menuturkan bahwa pihaknya akan terus mendukung semua pihak untuk kelancaran arus logistik baik domestik maupun internasional.

“Pelindo IV akan terus berupaya menyiapkan fasilitas pelabuhan yang terbaik agar kelancaran logistik utamanya di wilayah timur Indonesia tetap terjaga,” kata Prasetyadi.

“Apalagi di tengah situasi pandemi seperti saat ini, kami selalu berusaha untuk mendukung kelancaran arus logistik baik di Sulsel, wilayah timur maupun di seluruh Indonesia dan juga untuk kegiatan ekspor ke berbagai negara melalui fasilitas serta operasional pelabuhan yang dimiliki Perseroan,” lanjut Dirut Pelindo IV.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here