Anggota G20 Perkuat Komitmen Pengelolaan Lingkungan

58

Bali, NMN – Penguatan komitmen pengelolaan lingkungan hidup perubahan iklim negara-negara anggota G20 diharapkan dicapai dalam pertemuan ke-3 Environment Deputies Meeting and Climate Sustanability Working Group (EDM-CSWG) yang dilaksanakan pada 29-30 Agustus 2022.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK Nunu Anugrah mengatakan pertemuan itu melanjutkan rangkaian beberapa pertemuan EDM-CSWG sebelumnya dan akan secara intensif membahas ketiga isu prioritas yang diusung Presidensi G20 Indonesia.

“Presidensi G20 Indonesia, mengusung tiga isu prioritas, yaitu mendukung pemulihan yang berkelanjutan, peningkatan aksi berbasis daratan dan lautan untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim serta peningkatan mobilisasi sumber daya mendukung perlindungan lingkungan hidup dan tujuan pengendalian perubahan iklim,” kata Nunu, Senin (29/8).

Pertemuan ketiga itu diharapkan dapat menghasilkan sebuah dokumen yang memuat pandangan dan komitmen untuk terus meningkatkan upaya implementasi pengelolaan lingkungan hidup dan pengendalian perubahan iklim oleh anggota G20.

Diharapkan hal itu akan memberikan kontribusi kepada pencapaian tujuan dan target lingkungan global.

Pertemuan EDM-CSWG sendiri diketuai oleh Laksmi Dhewanthi yang merupakan Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK dan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Sigit Reliantoro sebagai wakil ketua.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara langsung dan daring yang dihadiri 211 delegasi dari negara-negara anggota G20, negara undangan dan organisasi Internasional.

Pertemuan tingkat kelompok kerja akan dilanjutkan dengan pertemuan tingkat menteri lingkungan hidup dan iklim atau The Joint Environment and Climate Ministers’ Meeting (JECMM) pada 31 Agustus 2022 yang diketuai oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here