Banyuwangi Tuan Rumah World Surfing League 2022

134

JAKARTA, NMN – Ajang World Surfing League (WSL) Championship Tour (CT) G-Land Pro 2022 resmi digelar di Pantai Plengkung (G-Land), Banyuwangi, Jawa Timur, pada 28 Mei hingga 6 Juni 2022.

Ajang tersebut diyakini akan mampu mengangkat citra pariwisata Indonesia khususnya bagi kabupaten berjuluk sunrise of java itu ke kancah internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/5) mengatakan WSL sudah menjadi salah satu sport tourism liga selancar paling bergengsi di dunia.

“Tentunya dengan diselenggarakannya WSL ini, diharapkan dapat membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

Sport tourism seperti surfing menjadi pariwisata yang berkualitas. Sebab length of stay atau durasi kunjungan yang lebih lama, para peselancar juga bisa tinggal satu sampai dua minggu jika ombak yang didapat bagus. Ditambah quality of spending atau jumlah biaya yang dikeluarkan juga tinggi, sehingga sangat berpengaruh pada kebangkitan pariwisata.

Sementara itu, Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf Dessy Ruhati menambahkan, sport tourism merupakan bagian dari pariwisata berkualitas yang menguntungkan lantaran target pasarnya sangat spesifik dan tersegmentasi dengan baik.

“Pariwisata berbasis olahraga menyumbang 25 persen dari total penerimaan industri perjalanan dan pariwisata,” ujar Dessy.

Untuk meraih pariwisata berkualitas, lanajut Dessy, kita bisa ditopang dengan pariwisata berbasis olahraga. Dan ini merupakan bagian dari portofolio produk wisata Indonesia yang secara konsisten didukung pengembangan dan diversifikasinya,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here