Buka IIW 2016, Jokowi Ajak Swasta Bangun Infrastruktur

377

Indonesia Infrastructure Week (IIW) kembali digelar tahun ini, berlangsung 9-11 November 2016 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh 22.000 peserta dan menghadirkan 350 proyek.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka acara yang merupakan gabungan dari acara pameran, konferensi, dan seminar terkini mengenai infrastruktur Indonesia.

Berbagai proyek pembangunan infrastruktur yang sedang dan akan dibangun akan ditampilkan dalam Indonesia Infrastructure Week 2016.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa kondisi perekonomian Indonesia saat ini terus membaik dan sudah sepatutnya harus diiringi dengan optimisme yang tinggi.

“Kita patut optimis, meskipun pertumbuhan ekonomi naiknya sedikit-sedikit, tapi naik. Triwulan I ekonomi Indonesia tumbuh 4,02 persen, triwulan II itu 5,19 persen, triwulan III dua hari lalu diumumkan oleh BPS sebesar 5,02 persen, triwulan IV diproyeksikan tumbuh 5,1-5,2 persen, artinya ada kenaikan meskipun sedikit, inilah yang membuat rasa optimis kita,” kata Presiden Jokowi di Jakarta Convention Center, Rabu (9/11).

Presiden Jokowi pun mengajak kalangan usaha maupun dunia usaha untuk berperan aktif dalam membangun infrastruktur di Tanah Air karena APBN tidak mungkin dapat membiayai seluruh pembangunan infrastruktur.

“Sekarang saya buka semua. Silakan swasta yang mau masuk ke airport. Kalau dulu kan jalan tol. Sekarang airport silakan, APBN kita tidak cukup. Lima tahun Rp5.500 triliun. Artinya ada kekurangan hampir 75%. Siapa yang mengisi? Swasta,” tegas Jokowi.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here