Kembangkan Pariwisata Bahari, Pemerintah Dukung IYF 2022

105

JAKARTA, NMN – Pemerintah tengah mengembangkan sejumlah destinasi wisata di beberapa daerah yang berpotensi dikembangkan wisata bahari, diantaranya yaitu Danau Toba, Likupang, Mandalika, Labuan Bajo, serta Bali.

Pemerintah juga mendukung inisiatif para pelaku bisnis pelayaran untuk mengembangkan wisata bahari di Indonesia melalui INSA Yacht Festival (IYF) 2022 yang merupakan hasil kolaborasi antara DPP INSA dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, yang menjadi bagian dari side event B20 yang puncaknya akan diselenggarakan pada November mendatang.

“Ekosistem tentang kapal yacht, kapal cruise harus dipelajari secara mendalam peluang dan tantangannya bersama para pelaku usaha pelayaran, untuk mencari pendekatan mana yang paling cepat bisa dikembangkan. Kami pemerintah akan mendukung dengan memberikan kemudahan regulasi untuk investasi,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis yang diterima pada Senin (10/10/2022).

Terkait dukungan regulasi, Kemenhub telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan No.4 tahun 2022 tentang Pelayanan Kapal Wisata Asing (Yacht) dan Kapal Pesiar (Cruise Ship) Asing di Perairan Indonesia. Dengan membuka sebanyak 28 pelabuhan embarkasi dan debarkasi Kapal Wisata Asing (Yacht), dan sebanyak 10 pelabuhan embarkasi dan debarkasi Kapal Pesiar (Cruise Ship) Asing.

Kegiatan ini menjadi ajang untuk mempromosikan industri wisata bahari di Indonesia dan mengenalkan kapal yacht yang bisa digunakan para wisatawan untuk menikmati keindahan laut di sejumlah destinasi wisata bahari di Indonesia.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto mengatakan IYF adalah ajang mempromosikan pariwisata bahari dalam negeri ke kancah dunia. Melalui IYF, wisatawan domestik ataupun mancanegara diajak menikmati keindahan laut Indonesia.

“Wisatawan domestik tidak usah pergi ke luar negeri, tapi bisa menjadikan wisata bahari sebagai lifestyle, seperti menikmati keindahan pemandangan Bali dari atas kapal wisata,” kata Carmelita.

Event yang pertamakali digelar ini juga dimaksudkan mendukung program pemerintah melalui PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) menjadikan Pelabuhan Benoa sebagai Bali Maritime Tourism Hub yang akan dilengkapi dengan fasilitas Terminal Cruise, Yacht Club, perkantoran dan area retail serta art market.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here