KKP-Daihatsu Menjaga dan Melindungi Kelestarian Laut

141

JAKARTA, NMN – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan PT. Astra Daihatsu Motor (PT. ADM) melakukan upaya pelestarian laut bersama melalui Aksi Kolaborasi Program Penyu untuk Indonesia di Desa Perancak, Kabupaten Jembrana, Bali.

Aksi kolaborasi itu diwarnai dengan pelepasliaran 363 tukik, dilanjutkan dengan aksi bersih pantai dan laut ini berhasil mengumpulkan 785 kilogram sampah terdiri dari 571,5 kilogram sampah anorganik dan 213,5 kilogram sampah organik.

Tak hanya itu, guna memberikan pemahaman mengenai pentingnya pelestarian dan perlindungan penyu untuk keseimbangan ekosistem di laut, KKP dan PT. ADM juga memberikan edukasi kepada masyarakat, para relawan, dan pelajar di wilayah Jembrana.

Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Muhammad Yusuf, Minggu (31/7) mengatakan bahwa laut berperan penting bagi kehidupan manusia, karenanya mengelola dan melindungi sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan dengan prinsip ekonomi biru harus dilakukan.

Komitmen menjaga dan melindungi kelestarian laut, ditunjukkan Indonesia melalui kepemimpinan Prakarsa Segitiga Karang untuk Terumbu Karang, Perikanan dan Ketahanan Pangan (Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF).

“Oleh karenanya untuk memastikan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan terencana, terukur dan berkelanjutan, sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, organisasi kemasyarakatan dan para pemangku kepentingan lainnya sangat diperlukan,” terang Yusuf di Perancak.

Yusuf juga menjelaskan aksi kolaborasi yang bertujuan untuk konservasi penyu di Indonesia sekaligus dilaksanakan untuk mendukung Bulan Cinta Laut (BCL) dan memperingati Hari Segitiga Terumbu Karang Coral Triangle Day (CT-Day) yang ke-13 Tahun 2022.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam dalam berbagai pertemuan di tingkat global telah menegaskan bahwa Indonesia sangat serius dan berkomitmen dalam menciptakan kesehatan laut. Ini dibuktikan melalui capaian komitmen Indonesia dalam kawasan konservasi perairan, program Bulan Cinta Laut dan kebijakan Penangkapan Ikan Terukur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here