Konsorsium Boskalis Menangkan Proyek Pembangunan Terminal Tuas Tahap II

711

Tiga perusahaan konsorsium yang terdiri dari Penta Ocean Construction Company, Hyundai Engineering & Construction, dan Royal Boskalis Westminster (Boskalis), memenangkan kontrak senilai kurang lebih SGD1,46 miliar (EUR897 juta) untuk proyek pembangunan Terminal Tuas Tahap II di Singapura.

Kontrak diberikan Otoritas Maritim dan Kepelabuhan Singapura (Maritime and Port Authority of Singapore /MPA) dalam bentuk surat penetapan pemenang tender.

Perjanjian ini dijadwalkan selesai dalam beberapa minggu mendatang.

“Terminal Tuas akan menjadi fasilitas terminal peti kemas modern di Singapura yang rencananya dibangun dalam empat tahap dengan masa pembangunan sekitar 30 tahun.”

Saat ini, Boskalis menguasai 30% saham di perusahaan konsorsium dan nilai kontrak sebesar EUR300 juta.

Terminal Tuas Tahap II atau dikenal juga dengan sebutan Tuas Terminal Finger Pier 3 merupakan bagian dari Pelabuhan Tuas yang lebih luas.

Boskalis akan terlibat dalam desain dan pembangunan lahan reklamasi seluas 387 hektar yang dibatasi dengan dinding caisson (konstruksi dari beton) sepanjang 9,1 km.

Terminal Tuas akan menjadi fasilitas terminal peti kemas modern di Singapura yang rencananya dibangun dalam empat tahap dengan masa pembangunan sekitar 30 tahun.

Sesuai perjanjian tersebut, Boskalis bakal melakukan pengerukan dan aktivitas terkait pengerjaan infrastruktur lainnya termasuk menambah kedalaman kolam pelabuhan dan kanal serta pengerukan sandkey dan pengelolaan suplai pasir untuk pembuatan pulau baru tempat terminal ini berdiri nantinya.

Selain alat berat seperti grab and backhoe dredger (kapal keruk yang dilengkapi ekskavator) dan kapal angkut jarak jauh, pengerukan dan pengerjaan reklamasi lahan ini juga akan melibatkan penggunaan trailing suction hopper dredger/THSD ukuran medium (kapal keruk pengisap).

Pengerjaan proyek akan dimulai beberapa minggu mendatang dan diharapkan selesai pada 2027 nanti. (Ash)

 

Sumber : ship-technology.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here