Peningkatan Daya Saing Perikanan Perlu Keterpaduan Industrialisasi

507

Adanya keterpaduan industrialisasi sektor perikanan yang menjanjikan dan peningkatan skala usaha serta pengembangan produk kelautan dan perikanan sangat diperlukan dalam mendorong peningkatan daya saing indsutri perikanan nasional.

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Edy Putra Irawady di Jakarta, Rabu (17/5) mengatakan bahwa saat ini diperlukan beberapa langkah tepat yang diambil Pemerintah untuk industri perikanan.

“Terutama jika mengingat lahirnya Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Daftar Usaha Yang Tertutup dan Bidang Usaha Yang Terbuka, dimana perikanan tangkap tertutup bagi investor asing,” kata Edy.

Hal yang terpenting, lanjut Edy, harus ada peningkatan skala usaha. Kalau dari korporasi, yakni pembenahan sumber daya manusia dan produknya. Dalam korporasi, baiknya membuang regulasi yang tidak penting dan mengurangi beban biaya produksi.

Menurutnya, dengan transformasi yang lebih baik di industri perikanan dapat menjadikan produk kelautan dan perikanan unggul di wilayah domestik maupun internasional serta dapat menggerakkan laju perekonomian nasional.

Ia pun berharap, stabilitas politik, hukum dan keamanan dalam industri perikanan selalu diutamakan.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here