Voyage Terakhir Kapal Mudik Gratis PT Pelni Semarang – Jakarta

329

SEMARANG, NMN – Voyage terakhir Kapal Mudik Gratis Sepeda Motor, KM. Dobonsolo yang dioperatori oleh PT. Pelni Selasa (12/6) diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan jumlah penumpang sebanyak 1.775 orang dan 762 unit sepeda motor.

“Kapal Dobonsolo yang diberangkatkan sore ini dari Tanjung Emas merupakan kapal mudik gratis dengan sepeda motor untuk voyage terakhir yang diperkirakan tiba di Tanjung Priok esok pagi (13/6). Dengan demikian, tuntas sudah program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut untuk tahun 2019,” ujar Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid beserta para pejabat serta stakeholder terkait di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk tahun 2019 ini mendapatkan perhatian dan rasa antusias dari masyarakat yang terbukti dengan banyaknya jumlah peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk tahun ini.

Tercatat, total sebanyak 5.625 orang penumpang dan 2.470 unit sepeda motor untuk arus mudik yang diangkut dengan kapal KM. Dobonsolo dari Jakarta ke Semarang pada tanggal 30 Mei, 1 dan 3 Juni 2019. Sedangkan untuk arus balik sebanyak 5.384 orang dan 2.328 unit sepeda motor juga telah diangkut dengan kapal KM. Dobonsolo dari Semarang ke Jakarta pada tanggal 8, 10 dan 12 Juni 2019.

Dengan demikian total pemudik yang telah ikut serta dalam program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2019 adalah sebanyak 11.009 orang dan 4.798 unit sepeda motor.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko menjelaskan, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2019 secara umum berjalan lancar dan peminatnya cukup tinggi.

Pihaknya akan mempersiapkan dan menyempurnakan penyelenggaraan mudik gartis dengan kapal laut pada Lebaran 2020 dengan lebih baik dan berkeselamatan.

“Ke depan, kami bersama pihak terkait akan terus menyempurnakan pelaksanaan mudik gratis dengan kapal laut. Rencananya mudik gratis ini bukan hanya di Jawa dan Sumatera, tapi diperluas sampai ke KTI (kawasan timur Indonesia),” ungkap Wisnu.

Untuk penyelenggaraan mudk gratis tahun depan, menurut Wisnu, akan dibahas dan dipersiapan lebih awal sehingga bisa terlaksana dengan lebih baik.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here