Dukung Mudik 2022, INFA Kerahkan 53 Kapal Ferry

58
Foto: ASDP

JAKARTA, NMN – Indonesian National Ferry Owner Association (INFA) atau Asosiasi kapal angkutan penyeberangan mengerahkan 53 kapal ferry untuk memenuhi kebutuhan transportasi angkutan laut pada puncak mudik lebaran tahun 2022.

Sebagi informasi, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik lebaran 2022 yang menggunakan transportasi laut mencapai 1,4 juta orang. Angka tersebut naik 234% tahun lalu.

Ketua Umum INFA J A Barata mengatakan, puluhan unit kapal penyeberangan akan berada di lintasan yang menjadi konsentrasi angkutan Lebaran 2022. Di antaranya lintasan Merak-Bakauheni sebanyak 14 kapal, Ketapang-Gilimanuk 13 kapal, dan Padangbai-Lembar sebanyak tujuh kapal.

“Sedangkan sisanya Kayangan-Pototano enam kapal, Tanjung Kelian-Tanjung Apiapi enam kapal, Kariangau-Penajam empat kapal serta lintas Bajoe-Kolaka sebanyak tiga kapal,” ujar Barata dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (27/4).

Menurut Barata, INFA juga menjamin pelayanan di atas kapal diarahkan pada ketertiban penumpang dalam memenuhi persyaratan dan prosedur kesehatan, antara lain memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan.

“Adapun di atas kapal diwajibkan tersedia masker untuk dibagikan dan hand sanitiser serta akses kepada petugas kesehatan bagi yang memerlukan,” ungkap Barata.

Asosiasi INFA berdiri sejak 10 November 2015, saat ini beranggotakan sebelas perusahaan swasta pemilik kapal ferry. Di luar kapal milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), jumlah kapal Ferry yang terdaftar di Asosiasi INFA ada 69 kapal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here