Ini Dukungan Ditjen Hubla untuk MotoGP Mandalika

104
Foto: PELNI

JAKARTA, NMN – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ikut memberikan dukungannya dalam penyelenggaraan MotoGP 2022 Mandalika yang akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub menyiapkan sedikitnya delapan kapal laut untuk melayani penonton MotoGP Mandalika. Seluruhnya akan menuju ke Pelabuhan Lembar.

“Delapan kapal ini akan melayani sejumlah rute yang keluar-masuk Mandalika di Pelabuhan Lembar,” kata Plt Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha di Jakarta, Rabu (16/2/2022).

Arif menambahkan, pelabuhan yang utama digunakan untuk melayani para penonton maupun official nanti yang gunakan fasilitas transportasi laut adalah Pelabuhan Lembar.

Di pelabuhan ini di sini ada fasilitas baru yakni terminal Gilimas. Terminal ini merupakan bagian dari pelabuhan lembar yang jaraknya hanya 7 kilometer dari Pelabuhan Lembar.

“Sedangkan jarak dari sirkuit mandalika adalah 50 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam,” ujar Arif.

Arif juga menjelaskan mengenai rute kapal yang akan mendukung MotoGP Mandalika. Rinciannya, rute Surabaya-Lembar akan ada 2 unit kapal roro milik PT Damai Lautan Nusantara dan satu uni kapal roro milik PT Dharma Lautan Utama. Kemudian, Surabaya-Lembar-Waingapu akan tersedia satu unit kapal roro milik PT Pelni.

Lalu, rute Benoa-Lembar-Bima akan disediakan satu uni kapal penumpang milik PT Pelni, serta rute Tanjung Wangi-Lembar akan diseriakan tiga unit kapal roro milik PT Atosim Lampung Pelayaran.

Selain itu, ia menyampaikan telah menyiapkan penerbitan rencana pengoperasian kapal ke pelabuhan Lembar. Diantaranya 2 unit kapal ferry penumpang milik PT Bali Eka Jaya, 1 unit kapal penumpang dan 1 unit kapal wisata milik PT Walacea Jalesveva Lestari, 1 unit kapal penumpang milik PT Pelayaran Tanji Samudera dan 1 unit kapal wisata milik PT The Tanis Lembongan Ekspres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here