KIP-PTK Tingkatkan Bisnis Jasa Maritim

163

JAKARTA, NMN – PT. Krakatau International Port (KIP) menjalin kerja sama dengan PT Pertamina Trans Kontinental untuk memperkuat sinergi dalam bidang perluasan jaringan kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) khususnya industri jasa maritim.

Sinergi tersebut selaras dengan visi KIP yang senantiasa berupaya untuk memperkuat port management dan ship management dalam memberikan jasa kepelabuhanan demi mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

KIP merupakan Pelabuhan Hub Internasional dan Curah Terbesar di Indonesia dengan kapasitas terpasang mencapai 25 Juta Ton per tahun yang terintegrasi dengan fasilitas logistik. Terletak di lokasi strategis di Selat Sunda, dimana 53 ribu kapal melintas setiap tahunnya.

Chief Executive Officer (CEO) PT. Krakatau International Port (KIP) M. Akbar Djohan mengungkapkan, sebagai salah satu anak perusahaan Krakatau Steel yang bergerak di bidang port dan logistic merasa sangat perlu untuk bisa membangun aliansi. Dengan adanya strategic partnership diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan bisnis. Harapannya tidak hanya di selat sunda, tetapi kami juga akan terus berupaya melakukan ekspansi.

“Saat ini kami sudah beroperasi di Marunda, Perairan Jepara, Dumai dan Nipah. Kedepan juga akan ada perluasan bisnis di Sulawesi Selatan.” kata Akbar Djohan.

Direktur Utama PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), Nepos MT Pakpahan mengungkapkan, sinergi yang terjalin diharapkan dapat meningkatkan skala bisnis kedua belah pihak. Sehingga diharapkan kedepan dapat mendukung peningkatan kondisi ekonomi nasional.

“Diharapkan dengan adanya penandatanganan perjanjian kerjasama ini dapat menambah manfaat bagi kedua belah pihak, baik itu KIP maupun PTK. Dengan melakukan kerjasama atau aliansi ini tentu diharapkan dapat menaikkan skala bisnis bagi kedua belah pihak. Harapannya tentu langsung ada implementasi konkritnya. Kita sudah lihat dalam waktu dekat ini sudah ada model bisnis antara KIP dan PTK. Selain itu juga ada peluang kerja sama dalam bidang kapal tunda dan pandu serta oil spill response maupun bunkering Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kapal – kapal. Sehingga kerja sama bisa segera di implementasikan,” ujar Napos MT Pakpahan.

Napos MT Pakpaham menjelaskan, bahwa adanya perluasan kerja sama ini dapat meningkatkan semangat sinergi yang positif antar BUMN sehingga jika dibina dengan optimal maka kedepan kolaborasi yang telah terjalin dapat mendukung perbaikan layanan kepelabuhanan. Hal ini juga memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional di tengah situasi pandemik.

“Saya melihat kerja sama dengan KIP akan terus berkembang kedepan. Apalagi melihat KIP bertumbuh, tentu bergandeng lurus juga dengan kebutuhan untuk kapal tipe tugboat. Kami memiliki beragam kapal sehingga dapat memberikan pilihan – pilihan. Kalau ini sifatnya long term maka kedepan akan menjadi kerja sama yang positif. Saya yakin ini akan bisa terwujud dalam minggu ini karena semangatnya sudah sinergi,” Lanjut Napos MT Pakpahan.

Dengan adanya kerja sama antara Krakatau International Port dengan PT Pertamina Trans Kontinental diharapkan dapat menjembatani tujuan tercapainya optimalisasi jasa pelayanan pelabuhan sebagai pintu gerbang roda ekonomi nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here