KKP-BPPT-LAPAN Perkuat Sektor Kelautan dan Perikanan

675

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) melakukan kerjasama dalam rangka memperkuat sektor kelautan dan perikanan. Kerjasama dikhususkan dalam hal pengawasan dan mengoptimalkan sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia.

Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto menjelaskan bahwa ruang lingkup kerjasama ini meliputi beberapa hal. Diantaranya, pengkajian dan penerapan teknologi di bidang kelautan dan perikanan, teknologi pengelolaan sampah laut, peningkatan kapasitas SDM, pemanfaatan sarana dan prasarana, pemanfaatan tenaga ahli, serta pertukaran data dan informasi.

“Pada sektor perikanan tangkap kerjasama difokuskan pada pengkajian dan perancangan kapal penangkap ikan ukuran 110 GT sampai dengan 130 GT,” kata Rifky dalam acara penandatanganan MoU di Gedung Mina Bahari I, Jakarta, Selasa (18/4).

Ia menjelaskan, sejak tahun 2016 telah dilakukan pembuatan desain dasar dan pengujian model kapal penangkap ikan ukuran 110-130 GT. Dengan adanya kerjasama ini, segera dilakukan pembuatan key plan atau key drawings kapal penangkap ikan ukuran 110-130 GT.

“Juga dilakukan standarisasi desain kapal penangkap ikan ukuran 110 GT sampai dengan 130 GT, sehingga nantinya kapal-kapal penangkap ikan Indonesia ini memiliki ciri khas tersendiri,” ujarnya.

Untuk kerjasama dengan Lapan, Rifky menambahkan, nantinya akan diterapkan pemanfaatan teknologi satelit dan penerbangan untuk mendukung pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Menurutnya, implementasi dari kerjasama ini akan difokuskan pada pemanfaatan data satelit LAPAN-A2 / LAPAN-ORARI dan LAPAN-A3/LAPAN-IPB untuk kebutuhan data Automatic Identification System (AIS) di pusat pengendalian Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

“Kerjasama dengan Lapan ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama sebelumnya yang dilakukan oleh Menteri KKP dan LAPAN tentang Pemanfaatan Sains dan Kedirgantaraan,” jelasnya.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here