KM Dobonsolo Berangkatkan 1.109 Pemudik

106

JAKARTA, NMN – KM Dobonsolo memberangkatkan sebanyak 1.109 orang penumpang, termasuk diantaranya 470 orang peserta mudik gratis, 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya.

Program mudik gratis ini khusus ditujukan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor. Penggunaan sepeda motor untuk mudik memang masih cukup tinggi dan diminati oleh masyarakat karena berbagai alasan kemudahan. Padahal, penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh memiliki potensi kecelakaan lalu lintas yang cukup besar, sehingga dapat membahayakan keselamatan pemudik.

“Untuk itu, Pemerintah mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor saat mudik Lebaran. Kami meminta agar pemudik dapat menggunakan angkutan umum, atau fasilitas mudik gratis, baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah, BUMN, maupun swasta, salah satunya program mudik gratis naik kapal laut ini,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha, Selasa (26/4).

Tahun ini program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut melayani rute Jakarta – Semarang – Surabaya untuk 2 (dua) kali keberangkatan (voyage) arus mudik, yakni tanggal 26 April 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 29 April 2022 dengan KM. Ciremai, serta 2 (dua) kali voyage arus balik tanggal 11 Mei 2022 dengan KM. Dobonsolo dan tanggal 9 Mei 2022 dengan KM. Ciremai.

Kapal KM. Dobonsolo beroperasi sesuai dengan trayek dan jadwal operasinya untuk mobilitas penumpang dan barang, pada masa periode lebaran tahun ini diberikan tugas layanan tambahan dengan memuat peserta mudik motor gratis tujuan semarang dan surabaya. Setelah sampai pelabuhan Surabaya, KM. Dobonsolo yang dioperatori oleh PT. Pelni akan melanjutkan pelayarannya ke Makassar – Bau-bau – Ambon – Sorong – Serui – Jayapura.

“Mudik kali ini peran masyarakat menjadi faktor penting dalam mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan sehat sehingga diperlukan tanggung jawab dan partisipasi pemudik untuk memastikan mereka sehat dan telah melakukan vaksinasi serta disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemi belum sepenuhnya selesai,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survey Badan Litbang Perhubungan diprediksi sebanyak 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2022, dan sebanyak 1.400.000 penumpang diprediksi akan bepergian menggunakan transportasi laut atau naik sebanyak 234% dari tahun 2021.

“Sesuai dengan slogan mudik lebaran tahun 2022 ini, yaitu “Mudik Aman, Mudik Sehat”, mari kita dukung bersama kegiatan ini disertai harapan semoga mudik tahun ini berjalan lancar, aman dan semua dalam keadaan sehat serta akan meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya, juga mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas,” ujar Arif.

Arif berpesan bahwa mudik adalah tanggungjawab bersama, sehingga untuk mewujudkan mudik dengan aman dan sehat diperlukan peran aktif dari semua pihak, termasuk dari para pemudik untuk meningkatkan kesadaran diri untuk selalu taat prokes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here