KMP. Bahtera Nusantara 03 Layani Masyarakat Kepri

331

JAKARTA, NMN – KMP. Bahtera Nusantara 03 yang merupakan kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro 1500 Gross Ton (GT) telah hadir untuk melayani lintas Dompak-Matak-Penagi.

Kehadiran KMP. Bahtera Nusantara 03 di wilayah Batam dapat mempermudah mobilitas masyarakat yang akan menyeberang serta membuka akses yang lebih luas bahkan hingga ke wilayah di sekitar Batam maupun wilayah di Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya.

“Kita akan menyiapkan sarana prasarana bagi kapal, karena ini adalah amanat bapak Presiden bahwa kita harus menyiapkan sarana prasarana untuk daerah 3 TP (tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan),” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat (3/6).

Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) Junaidi, menambahkan, hadirnya KMP. Bahtera Nusantara 03 di Batam merupakan perwujudan komitmen pemerintah untuk selalu memberikan kemudahan aksesibilitas bagi pelaksanaan pembangunan daerah terutama di wilayah–wilayah yang terpencil.

Junaidi melanjutkan bahwa dalam Tahun Anggaran 2022 ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Satker Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan melaksanakan penyelesaian pembangunan kapal penyeberangan sebanyak 2 (dua) unit kapal penyeberangan.

Adapun spesifikasi teknis KMP. Bahtera Nusantara 03 ini yaitu panjang keseluruhan 71,92 m, lebar: 14 m, tinggi: 4,6 m, kecepatan dinas: 15 knot.

“Kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan ABK 24 orang, serta kendaraan 14 unit truk besar, 12 unit truk sedang, dan 10 unit kendaraan roda 4,” pungkas Junaidi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here