Kuartal I/2015 Sektor Perikanan Tumbuh 8,64 Persen

0
11
maritimenews.id
Muara Baru fish auction market (Photographer: Andi Setyawan/NMN)

Pertumbuhan ekonomi pada Triwulan I-2015 masih mengalami perlambatan yang cukup siginifikan. Namun, sektor perikanan masih dapat tumbuh dengan Produk Domestik Bruto (PDB) 8,64 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa Produk Domestik Brutto (PDB) sub sektor perikanan naik 8,64 persen pada triwulan I-2015, dibandingkan triwulan I-2014 sebesar 7,46 persen.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan sejak diberlakukanya aturan untuk menentang illegal fishing, hingga saat ini membuahkan dampak positif terhadap sektor perikanan, dimana pada saat sektor perekonomian yang lain melambat tapi sektor perikanan justru mengalami kenaikan.

“IUU fishing memang tidak berkontribusi apapun terhadap angka angka tersebut, justru pendapatan nelayan tradisional tangkap itu luar biasa yang menyumbangkan groos 8,64 persen,” kata Susi di Jakarta, Senin (18/5).

Kepala BPS Dr. Suryamin, M.Sc mengatakan sektor perikanan memang tumbuh lebih tinggi secara tahunan dibandingkan dengan kategori lainnya yakni sektor pertanian, peternakan, perburuan dan jasa pertanian serta kehutanan dan penebangan kayu yang tumbuh masing-masing 2,94 persen dan 1,24 persen.

Suryamin menambahkan pertumbuhan kenaikan disektor perikanan banyak didorong oleh kenaikan produksi perikanan budidaya.

“Namun secara quartal to quartal sektor perikanan pertumbuhannya turun 2,81 persen, karena cuaca yang buruk sehingga nelayan enggan melaut,” ungkapnya.

 

Penulis  : Herry Susanto
Editor    : Ismadi Amrin

maritimenews – who has written posts on Nusantara Maritime News.


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

5 × 2 =