Pelindo III Jalin Kerja Sama Senilai Rp1 Triliun

695

PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) menjalin kerja sama dengan tiga perusahaan swasta, yakni PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT Adaro Energy Tbk, untuk mengembangkan bisnis kepelabuhan. Kerja sama yang dilakukan itu memiliki nilai investasi sebesar Rp1 triliun.

CEO Pelindo III Ari Askhara mengatakan kerja sama yang dilakukan itu tertuang dalam Memorandum of Collaboration yang ditandatangani hari ini. Menurutnya, kerjasama ini akan meningkatkan infrastruktur logistik di daerah sehingga dapat meningkatkan laju perekonomian.

“Nilai kerja sama untuk ketiganya ini sekitar Rp 1 triliun. (Sumber pendanaannya) dari capital market dan uang internal. 70% dari cap market, 30% uang internal,” kata Ari dalam penandatanganan MoC di Jakarta, Senin (12/3).

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh CEO Pelindo lll Ari Askhara, Direktur ll PT Muria Sumba Manis Welly, Direktur Utama PT Sriboga Flour Mill Alwin Arifin, CEO Adaro Group/PT Indonesia Bulk Terminal Garibaldi Thohir, serta disaksikan langsung oleh Deputi Menteri BUMN Bidang Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan Ahmad Bambang.

Ari mengungkapkan, kerja sama yang dilakukan dengan PT Muria Sumba Manis terkait dengan penyediaan fasilitas dan pelayanan jasa kepelabuhanan dan jasa terkait untuk pembangunan perkebunan tebu dan pabrik gula di Pelabuhan Kawasan Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Perkebunan tebu dan pabrik gula yang akan dioperasikan PT Muria Sumba Manis tersebut membutuhkan fasilitas pelabuhan, penunjang pelabuhan dan peralatan bongkar muat yang memadai,” ujar Ari.

Ditambahkannya, pelabuhan yang paling strategis untuk dapat digunakan pada proyek tebu tersebut adalah Pelabuhan Waingapu.

Selain itu, lanjutnya, Pelabuhan Waingapu masuk dalam kawasan Pelabuhan Tenau Kupang yang merupakan wilayah kerja cabang Pelindo lll. Pada proyek perkebunan tebu dan pabrik gula ini, kapal akan sandar di Pelabuhan Waingapu dan proses bongkar muat dan penumpukan akan ditangani oleh Pelindo lll.

Kemudian, kerja sama antara Pelindo lll dengan PT Sriboga Flour Mill adalah untuk pengelolaan fasilitas pelabuhan untuk terminal curah kering-food grain di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Sedangkan untuk kerja sama dengan PT Adaro Energy Tbk akan dikhususkan untuk pengelolaan mengembangkan Pelabuhan Mekar Putih, Kalimantan Selatan.

“Tujuannya agar pelabuhan ini dapat menjadi pusat pelabuhan penghubung yang strategis dan terminal curah yang menangani barang-barang curah kering dan curah cair serta komoditas lainnya,” katanya.

 

Penulis : Ismadi Amrin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here