Hadiri Festival Muara Baru, Menteri Susi Ajak Masyarakat Menjaga Laut

602

JAKARTA, NMN – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menghadiri puncak acara Festival Muara Baru 2018 yang berlangsung pada Sabtu (11/8) di Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman. Dalam kesempatan itu, Menteri Susi kembali mengajak masyarakat untuk menjaga laut.

“Laut harus jadi masa depan kita, hutan sudah habis, tambang habis, minyak sudah impor, mau apa lagi? Lautlah masa depan kita. Tidak boleh dikuasai hanya oleh sekelompok tertentu, itu semua milik bangsa,” kata Susi di Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman.

Susi mengatakan bahwa Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman, memiliki potensi besar dalam menarik pengunjung. Ia pun membandingkannya dengan Pasar Ikan Tsukiji yang ada di Jepang.

“Pasar Tsukiji bisa didatangi puluhan juta pengunjung setiap tahun. Dia memberi bayangan potensi keuntungan yang bisa diraih masyarakat. karena itu kita ingin membuat Pasar Ikan Muara bisa seperti di Tsukiji,” ujarnya.

Festival Muara Baru 2018 diselenggarakan di daerah Muara Baru, Jakarta dari 17 Juli-17 Agustus 2018, dimana puncak acara Festival Muara Baru dihelat pada Sabtu, 11 Agustus 2018.

Sejumlah kegiatan digelar untuk menyemarakkan puncak festival seperti zumba, lomba masak ikan oleh juru masak nelayan kapal, makan ikan gratis, kompetisi perahu naga, lomba foto Instagram, dan donor darah.

Festival Muara Baru
Dok Ismadi Amrin

Di area festival juga dilengkapi area bermain anak dan lomba mewarnai untuk diikuti oleh anak usia 12 tahun ke bawah dengan hadiah menarik. Festival Muara Baru akan ditutup dengan Upacara Peringatan HUT RI ke-73 pada Jumat (17/8).

Ajang ini diselenggarakan oleh Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ).

Acara festival ini diharapkan mampu memperkuat posisi Muara Baru sebagai ikon DKI Jakarta sebagai pelabuhan perikanan yang bercitra sehat, bersih dan nyaman. Festival ini juga diharapkan mampu meningkatkan kerjasama dengan para stakeholder.

(Ismadi Amrin/Dwi Gema)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here