Langkah Kemenhub untuk Efisiensi dan Transparansi Layanan Kepelabuhanan

JAKARTA, NMN – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berupaya terus menerapkan digitalisasi pelayanan kepelabuhanan melalui aplikasi Inaportnet. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi layanan di pelabuhan, serta berkontribusi pada efisiensi biaya logistik nasional.

Dengan penambahan 40 pelabuhan yang menerapkan Inaportnet, jumlah total pelabuhan di Indonesia yang telah menerapkannya mencapai 149 pelabuhan. Hal ini menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam mencapai target Kemenhub untuk menerapkan Inaportnet di 260 pelabuhan hingga akhir tahun 2023.

Melalui Inaportnet, pelayanan kepelabuhanan diharapkan menjadi lebih akuntabel, transparan, dan terintegrasi antar stakeholder terkait. Penyelenggaraan sistem elektronik yang terintegrasi dalam bidang impor dan ekspor melalui Inaportnet dapat mewujudkan visi sebagai penggerak utama efisiensi pelayanan publik.

Kolaborasi antara Kementerian Perhubungan dan berbagai lembaga terkait, seperti Bea Cukai, Imigrasi, dan Kesehatan Pelabuhan, melalui integrasi dengan Inaportnet akan meningkatkan sinergi dalam pelayanan kepelabuhanan dan mendorong daya saing nasional.

Persiapan yang telah dilakukan, seperti pelatihan, uji coba infrastruktur, dan sosialisasi kepada pengguna jasa pelabuhan, akan memastikan kelancaran implementasi Inaportnet di 40 pelabuhan tersebut. Jadwal implementasi tahap selanjutnya telah direncanakan, dengan Go Live Tahap 2 pada awal September 2023 dan Go Live Tahap 3 pada bulan November 2023.

Melalui upaya ini, Kemenhub dan Lembaga National Single Window (LNSW) Indonesia sedang berusaha mempersiapkan dan mendorong optimalisasi digitalisasi kepelabuhanan melalui mekanisme single submission, single processing, dan single synchronizing and decision making, sesuai dengan persyaratan Organisasi Maritim Internasional (IMO).

Diharapkan sinergi antara Kementerian Perhubungan, lembaga terkait, dan pemangku kepentingan lainnya dapat terus ditingkatkan guna memberikan pelayanan terbaik di pelabuhan serta meningkatkan daya saing nasional.

Latest Article

Pelindo Peti Kemas Benahi Pelabuhan Ternate dan Pelabuhan Merauke

0
JAKARTA, NMN - Pengoperasian Pelabuhan Ternate di Maluku Utara dan Pelabuhan Merauke di Papua Selatan oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelindo Terminal Petikemas...

Komitmen Indonesia dalam Mewujudkan Transportasi yang Berkelanjutan di ASEAN

0
JAKARTA, NMN - Pemerintah Indonesia berkomitmen dalam mewujudkan transportasi berkelanjutan di ASEAN.  Hal tersebut disampaikan oleh  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri...

Revisi Kedua PM 4 Tahun 2022 terkait Pelayanan Kapal Wisata Asing dan Kapal...

0
JAKARTA, NMN - Kementerian perhubungan senantiasa berupaya untuk pengembangan sektor pariwisata dan industri maritim di Indonesia. Salah satu Upaya yang dilakukan adalah merevisi Permenhub...

Pelindo Multi Terminal Catat Kinerja Positif pada Semester I/2023

0
JAKARTA, NMN - PT Pelindo Multi Terminal/SPMT mencatat kinerja positif  dalam mengelola segmen terminal nonpetikemas di Indonesia pada Semester Pertama 2023. Kinerja positif ini...

Kemenhub Percepat Implementasi NLE di Pelabuhan

0
JAKARTA, NMN - Kementerian Perhubungan Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berkomitmen untuk mendukung percepatan implementasi National Logistic Ecosystem (NLE) di pelabuhan-pelabuhan di seluruh...

Related Articles